Viral Innova Mogok di Tanjakan Dieng, Ini Faktor yang Bikin Mobil Gagal Nanjak

ADVERTISEMENT

Viral Innova Mogok di Tanjakan Dieng, Ini Faktor yang Bikin Mobil Gagal Nanjak

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 31 Mei 2022 17:08 WIB
Viral Innova Gagal Nanjak
Viral Innova Gagal Nanjak (Foto: Screenshot Tiktok @deddy.traveler)
Jakarta -

Viral di media sosial sebuah mobil Toyota Kijang Innova gagal menanjak. Peristiwa itu terjadi di tanjakan ekstrem di Dieng, Jawa Tengah.

Toyota Kijang Innova yang gagal menanjak ini menimbulkan pertanyaan sebab secara spesifikasi seharusnya Innova mudah menaklukkan tanjakan. Namun, dalam video yang diunggah akun TikTok seorang Travel Influencer @deddy.traveler, Innova tersebut mogok di tanjakan terekstrem di Dataran Tinggi Dieng.

Deddy menyebut, Innova yang tidak kuat menanjak diperkirakan karena beban muatan yang dibawanya. Mobil itu diisi lima orang (termasuk sopir), sementara bangku baris ketiga dilipat dan diisi oleh barang-barang bawaan.

"Bahkan pada awalnya sebagian barang dari mobil abu-abu (Xenia) dipindahkan ke mobil Innova dengan pertimbangan mobil abu-abu umurnya lebih tua, cc lebih kecil dan tidak fit," ujar Deddy kepada detikcom, Selasa (31/5/2022).

Namun, saat di tengah tanjakan mesin Innova tiba-tiba kehilangan tenaga alias ngempos. Sopirnya langsung menarik rem tangan agar mobil tidak meluncur mundur.

"Dan setelah dirasakan aman, driver ingin melanjutkan perjalanan lagi, ternyata rem belakang Innova mengunci sehingga pada saat ingin dijalankan, rem belakang dari roda mengeluarkan asap. Dan akhirnya semua penumpang turun, termasuk semua penumpang dari mobil kedua yang ikut membantu, mengingat medan yang berbahaya dengan jurang yang sangat dalam," jelasnya.

Deddy memastikan mobil Innova yang gagal menanjak itu dalam kondisi fit. Setelah dari Dieng, mobil itu diajak menuju Yogyakarta dan akan melanjutkan perjalanan ke Tegal.

@deddy.traveler Detik - detik Mogok di Tanjakan Terekstrim Dataran Tinggi Dieng menuju Desa Sembungan, Desa Tertinggi di Pulau Jawa #desasembungan #dieng #exploredieng #explorewonosobo ♬ suara asli - travelbydeddy_

Praktisi keselamatan berkendara dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, mengatakan, ada dua faktor yang mempengaruhi mobil yang gagal menanjak. Pertama dari segi pengemudinya, yang kedua dari kondisi kendaraannya.

"Kalau dilihat dari video tersebut memang tanjakan tersebut cukup curam ya. Selain penumpang dari dalam itu banyak, pastinya overloading. Sehingga seharusnya pengemudi paham melakukan operasional jangan sampai terjadi stuck di tengah tanjakan," kata Sony kepada detikcom.

"Jadi kalau transmisi manual, ada kemungkinan koplingnya selip akibat sering setengah kopling atau kondisi pelat kopling sudah tipis," ujar Sony.

Tipsnya, mobil dimundurkan perlahan ke permukaan yang rata dan relatif panjang. Setelah dalam kondisi dingin, lakukan dengan momentum, gunakan gigi 1 dan tidak main kopling.

"Kalau otomatis, bisa tunggu/berhenti di tempat sambil mendinginkan kopling, jangan lupa ban diganjal. Setelah kira-kira 30 menit, coba lagi dengan gear rendah dan dengan bantuan tenaga manusia," sebutnya.

"Hal tersebut di atas dengan catatan kendaraan tidak overload dan usahakan penumpang untuk turun dahulu supaya bebannya ringan," lanjutnya.



Simak Video "Terpesona dengan Kecanggihan Toyota Innova Zenix Hybrid"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT