Sering Dibandingkan, Begini Perbedaan Sunroof Honda HR-V dan Hyundai Creta

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 25 Mei 2022 09:08 WIB
Panoramic Sunroof Honda HR-V
Panoramic glass roof Honda HR-V dibuka tutup secara manual. Foto: Doni Wahyudi/detikoto
Jakarta -

Fitur sunroof tampaknya bukan hal asing lagi bagi mobil-mobil di Indonesia. Belakangan, para pabrikan mulai menyematkan fitur sunroof sebagai salah satu daya tarik untuk konsumennya di Indonesia. Fitur yang biasanya identik dengan mobil premium ini, kini juga sudah bisa didapat pada Low SUV seperti Hyundai Creta dan Honda HR-V.

Belakangan, fitur sunroof pada kedua Low SUV itu kerap dibanding-bandingkan karena pengoperasian berbeda. Perlu diketahui, pada Hyundai Creta fitur tersebut dinamakan Panoramic Sunroof. Sedangkan pada Honda HR-V fitur serupa dinamakan Panoramic Glass Roof.

Panoramic sunroof Hyundai CretaPanoramic sunroof Hyundai Creta. Foto: Hyundai

Panoramic Sunroof pada Hyundai Creta bisa dibuka tutup dengan hanya menekan tombol. Atap kacanya pun bisa dibuka dan ditutup hanya dengan menekan tombol.

Beda halnya dengan Panoramic Glass Roof yang tersemat pada Honda HR-V. Panoramic glass roof pada Honda HR-V tidak bisa dibuka. Bagian yang bisa dibuka hanya bagian penutup alias sun shade. Adapun sun shade itu dibuka dengan cara manual.

Penutup panoramic roof (sun shade) pada Honda HR-V dibuka dengan cara digeser pada bagian depan. Sementara di kursi penumpang, penutup harus dilepas menggunakan 4 titik penguncian. Untuk tutup panoramic roof belakang, setelah dilepas sebaiknya disimpan di bagasi karena ukurannya yang cukup besar.

Menyematkan fitur sunroof sebenarnya bukan hal baru bagi Honda HR-V. Pada model sebelumnya, Honda HR-V juga telah memiliki fitur sunroof yang bisa dioperasikan secara elektrik. Tidak perlu membuka penutup dengan cara manual seperti pada HR-V sekarang.

Namun demikian, Honda bukan tanpa alasan menyematkan panoramic glass roof yang dibuka-tutup dengan cara manual tersebut. Large Project Leader All New Honda HR-V Honda Motor co Ltd Yoshitomo Ihashi menyebut bahwa penyematan panoramic roof manual dapat memaksimalkan luas pandangan penumpang.

"Jika dibuat electric membutuhkan space untuk pemasangan Sunroof. Itu buat rail-nya saja membutuhkan tempat. Supaya bisa melihat pemandangan lebih luas, akhirnya dihilangkan," jelas Yoshitomo.



Simak Video "Buka-Tutup Panoramic Roof Honda HR-V Masih Manual? Ini Alasan Honda"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)