Serbu! Daihatsu Taft Reborn Sudah Bisa Dibeli di Indonesia

Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 22 Mei 2022 10:12 WIB
Jakarta -

Importir umum serta dealer spesialis kendaraan CBU, Safari Motor, belum lama ini membawa Daihatsu Taft Reborn. Mobil ini sangat berbeda wujudnya dengan Daihatsu Taft yang umum berkeliaran di jalanan Indonesia.

Daihatsu Taft yang dibawa oleh Safari Motor kali ini adalah Taft Reborn. Mobil ini masuk dalam kategori mobil kecil atau kei car di Jepang sana. Tak heran, dimensi serta mesinnya cukup kompak.

Daihatsu Taft RebornDaihatsu Taft yang dibawa oleh Safari Motor kali ini adalah Taft Reborn Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

"Dari zaman dulu memang udah ada Taft, ya kan? Terkenal bandel kan? Nah kali ini kita bawa Taft versi yang lebih canggih. Udah 4x4, terus pakai panoramic (roof), turbo pula. Oke banget gayanya dan tetap sangar," buka Kamal Firhad pemilik dari Safari Motor kepada detikOto.

Kamal yang sudah lama berkecimpung di dunia kendaraan CBU ini, sangat antusias menjelaskan Taft Reborn ini kepada detikOto. Pasalnya, untuk membawa mobil ini ke Tanah Air membutuhkan proses yang tidak mudah.

"Ini kei car pertama yang kami bawa. Prosesnya sekitar 6 bulan lah untuk membawanya, termasuk sama beban pikirannya," ujar Kamal sambil bercanda.

Namun hingga berita ini dimuat, Safari Motor masih belum menggodok harga jual dari Daihatsu Taft Reborn ini. Hal ini disebabkan, beberapa unit kei car yang mereka bawa ke Tanah Air ini baru saja tiba dari Jepang pada Rabu (18/5/22) dan harus terlebih dahulu melakukan beberapa pengujian.

Daihatsu Taft RebornDaihatsu menjual Taft Reborn di pasar domestik Jepang dalam beberapa tipe Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Kendati demikian, Kamal memastikan harga jual dari Daihatsu Taft Reborn yang mereka bawa ini tidak lebih mahal dari Taft Reborn yang dimasukkan oleh dealer CBU di Malaysia. Mereka menjual seharga Rp 800 juta dan Kamal menjamin harganya tak lebih mahal dari itu.

"Kalau mau pesan bisa DP (uang muka) dulu paling 30-50 persen dari harga. Berarti sekitar Rp 300 jutaan lah," ujar Kamal.

Terpantau ada dua unit display Daihatsu Taft Reborn tipe tertinggi yang sudah hadir di dealer Safari Motor. Mereka mengatakan, unit yang nantinya dipesan oleh pembeli akan tiba dalam estimasi beberapa bulan dan merupakan unit baru yang resmi dari Jepang.

"Untuk inden itu kita di Jepang kalau ready berarti bisa cepat, sekitar satu bulan. Kalau di sana (Jepang) inden, bisa dua bulan," ujar Kamal menjelaskan lama pemesanan kei car ini di luar durasi pengiriman.

Daihatsu Taft RebornDaihatsu menyematkan mesin berkode KF, dengan konfigurasi 3-silinder segaris Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Daihatsu menjual Taft Reborn di pasar domestik Jepang dalam beberapa tipe. Selain itu, ada pula dua pilihan mesin yakni turbo dan naturally aspirated. Safari Motor membuka pemesanan terhadap berbagai pilihan tipe ini.

Perlu diketahui, Daihatsu Taft Reborn sebagai kei car, dimensinya sangat kompak. Panjang totalnya hanya 3.395 mm, lebarnya 1.475 mm, dan tinggi 1.630 mm. Sementara untuk ground clearance-nya terpantau di 190 mm.

Daihatsu menyematkan mesin berkode KF, dengan konfigurasi 3-silinder segaris. Mesinnya ini berkapasitas 658 cc dan diklaim iritnya bisa tembus 20 hingga 25 km per liter.

(mhg/rgr)