Daihatsu Thor Dapat Fitur Baru, Kapan Mobil Imut Ini ke Indonesia?

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 28 Okt 2020 15:56 WIB
Daihatsu Thor
Daihatsu Thor punya fitur baru (Daihatsu)
Jakarta -

Daihatsu Thor mendapat penyegaran pada fitur keselamatan. Mobil yang sekilas mirip dengan Alphard versi imut berkapasitas 5 penumpang ini memulai debutnya sejak tahun 2016. Lalu apa sajakah yang baru?

Masih mengusung bahasa desain yang compact. Thor terbaru tampil lebih dinamis dan sporty berkat desain baru bemper dan grill depan, lampu depan LED, dan pelek desain baru 14 inci. Secara interior, warna kecoklatan lebih menyatu dengan warna jok sehingga terkesan lebih natural.

Untuk fitur, Thor baru dilengkapi Smart Assist, yakni sistem keselamatan aktif yang menggunakan kamera stereo terbaru yang sama seperti pada crossover mini Daihatsu Taft reborn yang memiliki beberapa manfaat diantaranya fungsi peringatan dan penghindaran tabrakan, serta deteksi pejalan kaki dan sepeda motor. Selain itu, ada juga fungsi pendukung berkendara seperti Adaptive Cruise Control dengan jangkauan kecepatan penuh.

Thor baru lebih istimewa karena merupakan mobil kompak Daihatsu pertama dengan Electric Parking Brake. Selain itu, kini Daihatsu Thor dilengkapi display audio yang menghubungkan smartphone ke sistem audio kendaraan.

Daihatsu ThorDaihatsu Thor Foto: Daihatsu

Baby Alphard-nya Daihatsu ini juga pernah muncul sedang uji jalan di Indonesia. Namun hanya sebatas jalan-jalan di Indonesia, dan Daihatsu belum berniat untuk memasarkannya di Indonesia. Sebab, dari segi model bukan selera pasar orang Indonesia.

"Berdasarkan data, kami melihat mobil-mobil seperti Thor, yang sudah dikeluarkan teman-teman lain itu gagal. Kan sudah banyak yang tutup kan, Honda keluarin Freed, Toyota juga keluarin Sienta juga volumenya kurang bagus, karena masyarakat Indonesia kurang suka model-model seperti itu. Kalau kita keluarkan, nanti sama aja volumenya kecil," ujar Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra beberapa waktu yang lalu.

Sementara hasil uji coba mesin 1.000 cc turbo yang diuji jalan di Indonesia ternyata tidak terlalu mengecewakan.

"Sudah bagus, ternyata buat jalanan Indonesia mesin 1.000 cc turbo itu sudah dites ternyata oke, dan kan itu dibandingkan performanya dengan kompetitor. Paling tidak itu menjadi catatan buat nanti," katanya.



Simak Video "Motor Listrik Mengaspal di Kota Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)