Ada Ioniq 5, Hyundai Tetap Pasarkan Kona Electric dan Ioniq Sedan

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 17 Mei 2022 18:36 WIB
Tampilan luar Hyundai Kona Electric Facelift 2021
Hyundai Kona Electric. (Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikoto)
Jakarta -

Mobil listrik Ioniq sedan dan Kona Electric merupakan pelopor dua mobil ramah lingkungan Hyundai di Indonesia. Meski saat ini Hyundai Indonesia telah memiliki crossover Ioniq 5 yang diproduksi secara lokal di pabrik Cikarang, Bekasi, Hyundai masih tetap menjual Ioniq sedan serta Kona Electric.

"Sampai sekarang kita masih jual tipe itu (Ioniq dan Kona EV). Stoknya masih ada, tapi memang nggak banyak," kata Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur kepada wartawan, di Jakarta (13/5/2022).

Tim detikcom membuktikan seberapa tangguh mobil listrik bisa dikendarai untuk perjalanan jarak jauh. Hyundai Ioniq langsung gas Jakarta-Bali.Hyundai Ioniq Sedan (Foto: Grandyos Zafna/detikOto)

Menurut Makmur, untuk model Ioniq sedan masih tetap ada peminatnya kendati sudah ada Ioniq 5 yang diproduksi secara lokal. Ioniq 5 sendiri diminati konsumen Tanah Air dan diklaim sudah dipesan hingga sebanyak 1.700 unit.

Makmur menjelaskan Ioniq sedan juga Kona Electric tetap memiliki marketnya sendiri, karena ada segmen-segmen konsumen tertentu yang menyukai produk CBU (Completely Built Up).

Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 menyita perhatian pengunjung Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Tak sedikit yang penasaran ingin mengendarainya.Ioniq 5 Foto: Agung Pambudhy

"Karena yang Ioniq itu kan sedan (listrik), yang kedua mobil ini (impor utuh) CBU (dari Korea Selatan). Kan ada juga orang yang mainset-nya CBU, ya kita tawarkan yang CBU. Makanya kita tetap jual," sambung Makmur.

Menilik situs resmi Hyundai Indonesia, saat ini sedan Ioniq Electric dipasarkan dalam dua tipe, yakni Prime AT dengan harga Rp 682 juta dan Signature AT dengan harga Rp 723 juta. Lalu untuk model Kona Electric, hanya ada pilihan Signature AT dengan banderol Rp 742 juta.

(lua/din)