Ratusan Mobil Listrik Siap Kawal KTT G20 Bali, Ada yang Rakitan Cikarang

Luthfi Anshori - detikOto
Sabtu, 14 Mei 2022 13:59 WIB
Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 menyita perhatian pengunjung Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Tak sedikit yang penasaran ingin mengendarainya.
Hyundai Ioniq 5 Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Indonesia siap menggelar KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) G20 di Bali pada bulan November 2022 nanti. Forum ekonomi negara-negara G20 ini juga akan didukung dengan sejumlah mobil listrik untuk kendaraan operasional. Salah satu merek yang berpartisipasi adalah Hyundai.

Seperti disampaikan Sales Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Erwin Djajadiputra, Hyundai akan mendukung kegiatan berskala internasional tersebut dengan menghadirkan dua model mobil listrik. Pertama adalah sedan listrik Genesis G80 Electrified yang diimpor dari Korea Selatan, kedua adalah crossover Ioniq 5 rakitan pabrik Hyundai di Cikarang, Bekasi.

"Di KTT G20 itu kan rangkaiannya untuk (tamu) VVIP. Kita support untuk VVIP dan juga untuk spouse, jadi (bapak) kepala negara dan ibu kepala negara," kata Erwin kepada wartawan di Jakarta, Jumat (13/5/2022).

Erwin tidak merinci berapa detail jumlah Genesis G80 dan Ioniq 5 yang akan dipakai oleh para delegasi negara di KTT G20 nanti. Namun ia menyebut jumlahnya sampai ratusan.

"Lebih dari 300 (unit)," sambung Erwin.

Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 menyita perhatian pengunjung Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Tak sedikit yang penasaran ingin mengendarainya.Ilustrasi mobil listrik Hyundai Ioniq 5 menyita perhatian pengunjung Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Tak sedikit yang penasaran ingin mengendarainya. Foto: Agung Pambudhy

Setelah digunakan untuk KTT G20, akan dipakai untuk apakah 300 unit mobil listrik Hyundai tersebut? Menurut Erwin, Hyundai Indonesia belum memiliki rencana terkait itu.

"Kita belum ada planning sih terus terang. Tapi yang pasti kita men-support untuk program pemerintah KTT G20, karena ini acara kebanggaan bagi Indonesia," bilang Erwin.

Selain Genesis G80 dan Ioniq 5, KTT G20 Bali juga akan didukung oleh mobil listrik Toyota bZ4X. Pihak PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengonfirmasi akan menyediakan 143 unit bZ4X untuk kegiatan tersebut.



Simak Video "Tak Hanya di Indonesia, Mobil Listrik Ioniq 5 Juga Diburu di Amerika"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)