Bus Listrik Sudah Biasa, Ini Truk Kargo Listrik yang Siap Mengaspal di Amerika

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 09 Mei 2022 20:46 WIB
Jakarta -

Perusahaan truk ramah lingkungan, Volta Trucks, dikabarkan akan mulai mengoperasikan truk kargo listrik mereka di Amerika Serikat pada pertengahan tahun 2023. Total ada 100 unit truk kargo listrik Volta Zero Class 7 yang akan diuji coba.

"Volta Trucks awalnya akan memperkenalkan armada percontohan dari 100 truk Class 7 pada pertengahan tahun 2023 yang akan dievaluasi oleh pelanggan AS, dimulai di Los Angeles dengan kota-kota tambahan menyusul. Hal ini diiringi dengan rencana produksi kendaraan pada tahun 2024," tulis Volta Trucks lewat rilis resmi yang mereka publikasikan pada Kamis (5/5/22) kemarin.

Volta Zero truk kargo listrikVolta Zero Class 7 merupakan truk kargo listrik murni atau mereka sebut dengan battery-electric commercial vehicles Foto: dok. Volta Trucks

Volta Zero Class 7 merupakan truk kargo listrik murni atau mereka sebut dengan battery-electric commercial vehicles. Truk kargo ini setara dengan truk 16-ton di Eropa yang dilengkapi dengan box kargo kering ataupun box kargo kulkas.

"Volta Zero adalah truk tugas menengah (medium-duty) yang menggunakan 100% baterai-listrik dan dirancang khusus untuk logistik perkotaan," tulis Volta Trucks.

Truk Volta Zero Class 7 ini mampu menggendong muatan hingga 33 ribu lbs atau setara dengan 14,9 ton. Untuk menunjuang visibilitas dan estetika, truk ini mengusung desain kokpit glasshouse-style cab.

"Kabin bergaya rumah kaca Volta Zero menawarkan pandangan 220 derajat ke sekeliling kendaraan, untuk kesadaran visual yang optimal dan pengurangan titik buta," tulis Volta Trucks.

Volta Zero truk kargo listrikVolta Zero Class 7 diklaim mampu melaju 152 km hingga 201 km jauhnya dengan satu kali pengisian penuh Foto: dok. Volta Trucks

Untuk urusan dapur pacunya, Volta Zero Class 7 diklaim mampu melaju 95 miles sampai 125 miles atau setara dengan 152 km hingga 201 km jauhnya dengan satu kali pengisian penuh.

Sedangkan untuk pengecasannya, Volta Trucks mengklaim untuk mengecas penuh truk kargo ini butuh waktu sekitar satu jam dari nol hingga penuh. Dengan catatan, truk dicas menggunakan pengecasan cepat 250 kW.

Selain Volta Zero Class 7, Volta Trucks juga punya lini truk listrik kargo dalam kota yang lebih kecil muatannya. Mereka punya Volta Zero Class 6 yang bisa menampung muatan hingga 11,7 ton dan Class 5 hingga 8,8 ton.

Jauh sebelum rencana ekspansi mereka ke Amerika Serikat, truk listrik kepunyaan Volta Trucks ini dikabarkan sudah mendominasi pasar Eropa. Diklaim, 1.470 truknya sudah dipesan oleh perusahaan asal Jerman, DB Schneker sejak November 2021.

(mhg/din)