BMW Sebut Dominasi Mobil Listrik Tesla Sudah Tamat

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 21 Apr 2022 22:06 WIB
SUV listrik BMW iX
BMW iX (Foto: Dok. BMW)
Jakarta -

Tesla masih menjadi penguasa penjualan mobil listrik secara global. Namun, BMW mengatakan jika dominasi Tesla di pasar mobil listrik akan segera berakhir.

Dikutip Inside EVs, saat ini BMW berambisi menjadi penantang serius Tesla dalam segmen mobil listrik. Pabrikan asal Jerman itu yakin bisa mengalahkan penjualan Tesla di pasar Amerika Serikat.

Di tahun ini BMW menargetkan akan menjual sebanyak 200.000 unit mobil listrik, angka tersebut naik dua kali lipat dari jumlah yang dijual pada tahun lalu. Langkah tersebut merupakan salah satu strategi BMW seiring penerapan elektrifikasi penuh pada 2030 mendatang.

BMW Group Sales Chief, Pieter Nota mengatakan bahwa pihak BMW akan fokus pada peningkatan kendaraan listrik secara cepat dan kuat. Ia pun juga menyinggung Tesla, yang mana pabrikan asal AS itu punya ciri khas sendiri dalam penjualan, namun hal itu telah berakhir.

"Tesla memiliki nilai jual yang unik dalam beberapa waktu terakhir. Tapi semua itu sudah berakhir," kata Pieter Nota.

Lebih lanjut, Nota mengungkapkan jika konsumen mobil listrik dalam beberapa tahun terakhir didominasi oleh para pemula, yang mana mereka baru beralih dari mesin pembakaran internal (ICE) ke tenaga listrik.

Mobil Listrik BMW i4Mobil Listrik BMW i4 Foto: Dok. BMW

Memang, sampai saat ini sejumlah produsen otomotif mulai gencar beralih ke tenaga listrik, termasuk BMW. Untuk memenuhi permintaan pasar dan menyaingi Tesla, tahun ini BMW sudah menyiapkan sejumlah model EV yakni BMW i4 dan iX, serta sedan listrik terbaru BMW i7 yang segera diluncurkan.

"Kami akan terus mendorong perusahaan ini sampai ke titik batas kemampuan produksi," ujar CEO BMW Oliver Zipse.

"Permintaan diprediksi akan melonjak. Kami sudah melihatnya dengan model BMW iX dan i4," jelasnya.

Keinginan BMW untuk menyalip penjualan Tesla di segmen mobil listrik tentu bukan tanpa sebab. Soalnya, Tesla berhasil menjadi raja mobil listrik dunia di tahun 2021 karena penjualannya yang hampir menyentuh 1 juta unit.

Dari data yang dihimpun Jato Dynamics, Tesla menyumbang 21% penjualan mobil listrik global tahun lalu. Sepanjang 2021, mobil listrik dari merek asuhan Elon Musk itu terjual sebanyak 907.000 unit di seluruh dunia.

Setelah Tesla, merek mobil listrik terlaris selanjutnya adalah Volkswagen Group, yang menjual mobil listrik sebanyak 480.000 unit. Selanjutnya SAIC-GM-Wuling sebanyak 424.000 unit, BYD 292.000 unit, dan Hyundai-Kia sebanyak 227.000 unit.

Lalu bagaimana dengan penjualan mobil listrik BMW?

Dari data Jato, BMW Group berada di urutan kesembilan dengan total 108.000 unit. Bahkan BMW masih kalah dengan Stellantis yang menjual mobil listrik sebanyak 180.300 unit, Great Wall sebesar 136.000 unit, dan Renault Group 130.200 unit.



Simak Video "Kemudi Otomatis Tesla Bikin 273 Kecelakaan dalam 10 Bulan di AS"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)