ADVERTISEMENT

Bukan TNGA, Toyota Innova Listrik Pakai Platform Venturer

M Luthfi Andika - detikOto
Senin, 04 Apr 2022 16:01 WIB
Kehadiran mobil listrik Toyota Kijang Innova EV Concept gemparkan IIMS Hybrid 2022. Diketahui, mobil listrik itu masih berupa protipe, belum diproduksi massal.
Kijang Innova listrik menggunakan basis Innova Venturer. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Toyota Innova BEV menggebrak ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Semua mata pencinta otomotif Indonesia pun ikut meliriknya. Ya, sebelumnya memang tidak pernah ada informasi apa pun terkait Innova BEV. Wajar bila banyak pihak terkejut.

Sayang mobil itu belum dijual, melainkan hanya dipamerkan dalam kurun waktu satu hari. Toyota Innova BEV yang dipajang di IIMS 2022 sebenarnya bukan mobil yang betul-betul baru. Innova BEV mengusung platform Venturer dan belum menggunakan TNGA khusus untuk kendaraan listrik.

Toyota New VenturerIni Venturer yang dijadikan basis Kijang Innova listrik. Foto: Dok. TAM

"Basic model yang dipakai Innova Venturer. Kita belum menggunakan platform kendaraan listrik (TNGA), masih menggunakan platform yang konvensional belum yang EV platform. Nanti kita secara perlahan baru nanti akan menggunakan platform EV," kata Director Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam.

Toyota Kijang Innova Listrik muncul di IIMS 2022Innova listrik masih menggunakan platform TNGA untuk mobil konvensional. Foto: Agung Pambudhy

"Jadi saat ini kita baru melakukan perubahan pada bodi dan baru ke depannya akan menggunakan platform itu (TNGA)," Bob menambahkan.

Dijelaskan Bob, saat ini Toyota Indonesia telah menyediakan teknologi elektrifikasi dengan varian yang lengkap melalui konsep multi-pathway mulai dari flexy-engine, FCEV, BEV, PHEV, HEV, hidrogen, biofuel, hingga LCGC.

Pilihan teknologi ini disiapkan agar masyarakat dapat berkontribusi di masing-masing segmen, bersama-sama mengurangi emisi di Indonesia sesuai porsinya.

Sekadar informasi tambahan, Toyota Indonesia telah memperkenalkan 10 model kendaraan listrik, yang terdiri dari 8 kendaraan HEV, 1 kendaraan PHEV, dan 1 BEV Lexus untuk publik Indonesia.

Toyota Indonesia juga melakukan pengembangan lokal kendaraan elektrifikasi di dalam negeri, salah satunya tengah menyiapkan produksi kendaraan HEV untuk pasar domestik hingga konsumen global.



Simak Video "Wow! Toyota Kijang Innova Listrik Muncul di IIMS 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/dry)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT