Kenapa Bukan Avanza yang Dijadikan Listrik, Toyota?

M Luthfi Andika - detikOto
Senin, 04 Apr 2022 14:05 WIB
Toyota Kijang Innova Listrik muncul di IIMS 2022
Toyota Kijang Innova listrik (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Toyota Astra Motor (TAM) memperlihatkan Innova listrik pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) produksi Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) ini langsung menjadi pusat perhatian pencinta otomotif Indonesia.

Meski demikian ada pertanyaan besar yang mempertanyakan, kenapa tidak Avanza yang dijadikan listrik Toyota? Director TMMIN, Bob Azam memberikan jawabannya kepada awak media.

"Kenapa tidak Avanza? Pemilihan Innova BEV itu merupakan ide dari TMMIN bukan dari prinsipal (Toyota Motor Corporation).Pertimbangan kenapa Innova yang dipilih menjadi listrik, karena Innova itu legendaris, sudah banyak yang mengenal mobil ini. Jadi separuh mobil itu sudah siap, tinggal menerapkan teknologinya," ujar Bob.

Kehadiran mobil listrik Toyota Kijang Innova EV Concept gemparkan IIMS Hybrid 2022. Diketahui, mobil listrik itu masih berupa protipe, belum diproduksi massal.Kehadiran mobil listrik Toyota Kijang Innova EV Concept gemparkan IIMS Hybrid 2022. Diketahui, mobil listrik itu masih berupa protipe, belum diproduksi massal. Foto: Agung Pambudhy

Bob menjelaskan proyek Kijang Innova BEV concept study car juga bertujuan untuk mengeskalasi kemampuan engineer Indonesia serta mengembangkan kapabilitas SDM nasional di bidang elektrifikasi.

Lewat produk ini, lanjut Bob, Toyota Indonesia dapat merealisasikan transfer pengetahuan, inovasi teknologi, dan peningkatan kemampuan SDM industri otomotif kepada seluruh rantai pasok hingga para akademisi yang selaras dengan moto Toyota Indonesia We Make People Before We Make Product.

"Dengan memilih model lokal, ekosistem industri otomotif yang sudah ada dapat dijaga dan juga mampu mengembangkan rantai pasokan baru untuk beradaptasi dengan teknologi elektrifikasi. Lewat kolaborasi bersama dengan OEM (Original Equipment Manufacturer)lainnya, Toyota Indonesia dapat mempercepat terciptanya ekosistem BEV di Indonesia," Bob menambahkan.



Simak Video "Proyek Kijang Innova Listrik Libatkan 100 Teknisi Terbaik Tanah Air"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)