Toyota Innova Listrik Sudah Muncul di IIMS, Pemerintah Mau Secepatnya Diproduksi

ADVERTISEMENT

Toyota Innova Listrik Sudah Muncul di IIMS, Pemerintah Mau Secepatnya Diproduksi

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 01 Apr 2022 08:40 WIB
Kijang Innova listrik
Toyota Kijang Innova listrik yang membuat kejutan muncul di IIMS 2022 (dok. PLN)
Jakarta -

Toyota memberi kejutan dengan memamerkan Innova EV Concept dalam gelaran Indonesia International Motor Show 2022, Kamis (31/3/2022). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berharap Toyota segera memproduksi Innova listrik.

Menko Airlangga sempat menjajal Innova Concept EV itu di area test drive IIMS 2022, Kamis (31/3/2022). Dalam amatan detikcom, saat Airlangga mulai menjalankan mobil, Innova listrik yang masih berupa konsep itu nyaris tak terdengar suaranya.

"Dari perhitungan kebutuhan per KwH dibandingkan per liter itu biayanya hanya 10 persen. Sehingga tadi ada launching electric vehicle yang masih konsep dari Toyota Kijang Innova, kami harap ini lebih cepat (diproduksi)," ujar Airlangga di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (31/3/2022).

Toyota Kijang Innova Listrik muncul di IIMS 2022Toyota Kijang Innova Listrik muncul di IIMS 2022 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Lalu merek lain apa yang akan diproduksi lokal? Selain Innova Concept EV, diketahui ada dua pabrikan China yang turut memamerkan mobil listrik di IIMS 2022. Yakni Wuling GSEV yang bakal diproduksi tahun ini, dan Chery EQ1 sebagai brand baru. Berikutnya ada pabrikan asal Korea Selatan Hyundai yang memperkenalkan Hyundai Ioniq 5.

"Karena beberapa waktu yang lalu sudah masuk Hyundai Ioniq, dan akan ada satu pabrikan lagi yang produksi mobil di bulan September," tambah dia.

Toyota-Astra Motor (TAM) mengatakan proyek Kijang Innova BEV concept study car bertujuan mengeskalasi kemampuan engineer Indonesia serta mengembangkan kapabilitas Sumber Daya Manusia (SDM) nasional di bidang elektrifikasi.

Toyota Innova EV Concept berhasil menggemparkan Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022.Toyota Innova EV Concept berhasil menggemparkan Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. (CNN Indonesia)

Toyota mengklaim Kijang Innova EV Concept adalah mobil dengan brand nasional yang pertama dirancang sepenuhnya menggunakan listrik sebagai sumber daya penggerak (power engine).

"Hingga saat ini, tujuan memperkenalkan Kijang Innova EV Concept adalah untuk studi dan meningkatkan popularitas kendaraan listrik di tengah masyarakat."

"Kijang Innova EV Concept sebagai simbol komitmen Toyota terhadap ekosistem utama kendaraan listrik, dengan memanfaatkan pendekatan model lokal dan kendaraan listrik guna mengetahui kebutuhan mobilitas yang paling sesuai bagi masyarakat Indonesia," ujar Vice President Director PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto.



Simak Video "Wow! Toyota Kijang Innova Listrik Muncul di IIMS 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT