ADVERTISEMENT

Innova Patut Waspada! Wuling Cortez Punya Dua Varian Selisih Rp 36 Jutaan, Ini Bedanya

Ridwan Arifin - detikOto
Sabtu, 26 Mar 2022 11:30 WIB
New Wuling Cortez
Wuling Cortez Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

Pabrikan asal China, Wuling, semakin gencar menggoda konsumen Indonesia. Mobil di segmen MPV medium, Cortez dibekali fitur kekinian, seperti diketahui segmen itu juga diisi oleh Toyota Kijang Innova.

Terdapat dua varian Wuling Cortez terbaru di Indonesia, yakni Cortez CE dan Cortez EX dengan selisih harga Rp 36.850.000, lalu apa bedanya?

Handi Ahmad menjelaskan perbedaan antara Cortez CE dan Cortez EX. Secara umum desain eksterior, interior, dan masih sama, hanya saja perbedaan terletak dari fitur-fiturnya.

Fitur canggih yang masih sama pada kedua varian tersebut ialah Wuling Indonesia Command (WIND). Sama seperti Almaz, yang sudah dibekali voice command atau perintah suara. Yang menarik, sistem perintah suara tersebut telah didesain menggunakan Bahasa Indonesia.

Teknologi Wind ini bisa dipakai untuk mengontrol beragam fitur dan aplikasi di head unit, termasuk mengontrol bukaan jendela hingga sun roof (tipe EX). Ini bisa diakses dengan menyebutkan kata kunci "Halo Wuling".

Lalu fitur Internet of Vehicles (IoV), menghubungkan mobil dengan pemilik melalui internet. Fungsinya bisa seperti remote control. Hal ini membuat Wuling Cortez bisa dihidupkan mesinnya melalui smartphone.

New Wuling CortezNew Wuling Cortez Foto: Ridwan Arifin

Interkoneksi melalui bluetooth ini juga bisa membuka kunci, kaca, dan membuka kunci bagasi belakang. Ada juga beberapa fungsi IoV tersedia melalui Head Unit mulai dari Online Navigation, Online Music, serta Internet Messaging App.

Handi menjelaskan dari tampilan luar, New Cortez tidak mengalami perubahan signifikan, hanya saja kini mengusung logo baru berwana silver, serta penggunaan velg desain baru 16 inch dual tone Alloy.

"Eksterior new Cortez mengusung konsep yang berbeda dari model sebelumnya, yaitu dengan penggunaan Wuling Silver logo dari bagian depan dan belakang untuk penekanan smart MPV," ujar Handi saat konferensi pers, Jumat (25/3/2022).

"Wuling Cortez EX dan CE pada dasarnya menggunakan body mesin yang sama. Untuk urusan mesin masih menggunakan mesin turbo 1.5 liter dengan transmisi otomatis CVT," ujar dia.

Dari segi eksterior, mulai dari roof rail, shark fin antenna tersedia pada semua varian. Hanya saja fitur electric sunroof tersedia pada varian Cortez EX.

Stylish LED Headlamp with Autolamp, LED rear lamp, rear sensing wiper, chrome dan window list dan juga glass electric sunroof hanya disematkan pada tipe EX.

Sedangkan bagian eksterior seperti DRL (Daytime Running Light), roof rail, shark fins antenna, dynamic foglamp sudah disematkan pada seluruh varian.

Pada varian CE juga minus fitur-fitur setir lapis kulit, atmosphere lamp, seat adjuster electric bangku depan, dan Auto AC. Kelengkapan tersebut hanya tersedia pada varian Cortez termahal.

Masuk ke fitur hiburan juga terdapat perbedaan Multi Information Display. Pada varian CE berukuran 3,5 inch, sedangkan versi EX lebih besar dengan ukuran 7 inch. Speaker pun hanya berjumlah empat buah (CE), sementara EX dibekali enam buah.

New Wuling CortezNew Wuling Cortez Foto: Ridwan Arifin

Perbedaan signifikan terlihat dari penggunaan suspensi belakang antara varian EX dan CE.

"Perbedaan ada pada suspensi belakang, di mana pada New Cortez CE didukung semi independent suspension, sedangkan pada varian EX sudah mengaplikasikan independent suspension," terang Handi.

Untuk mendukung keamanan berkendara, Wuling Cortez juga suda dibenamkan fitur-fitur seperti:

  • Electric Parking Brake (APB)
  • Automatic Vehicle Holding (AVH)
  • Anti-lock Braking System (ABS)
  • Electronic Brake force Distribution (EBD) - Brake Assist (BA)
  • Hill Hold Control (HHC)
  • Electronic Stability Control (ESC).
  • Seat Belt Reminder
  • Immobilizer
  • Airbag
  • Anti-Theft Alarm
  • Tire Pressure Management System
  • Emergency Stop Signal
  • Parking Sensor
  • ISOFIX & Child Safety
  • Traction Control System

"Ada sedikit perbedaan, yaitu pada sealtbelt reminder, di mana pada tipe CE hanya tersedia pada baris pertama, dan untuk tipe EX sudah tersedia pada semua baris," ungkap Handi.

"Untuk dual SRS Airbag, untuk tipe CE hanya tersedia pada baris pertama. Untuk EX ada tambahan pada sisi sampingnya," jelas dia.

"Parking sensor untuk tipe CE tersedia pada bagian belakang. Dan kalau untuk EX ada pada bagian depan dan belakang. Untuk fitur Fatigue Driver Warning hanya tersedia pada tipe EX," tambahnya.

MPV terbaru dariWuling ini dipasarkan dalam empat pilihan warna, yaitu Pristine White, Dazzling Silver, Aurora Silver dan Starry Black. Menyoal harga, Cortez CE dijual Rp 273,8 juta dan Cortez EX Rp 310.650.000.



Simak Video "Wuling Victory Rp 260 Jutaan Penantang Innova Bakal Gebrak Pasar Indonesia?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT