Honda HR-V Turbo Debut Global di Indonesia, Seberapa Besar Tenaganya?

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 24 Mar 2022 11:07 WIB
Jakarta -

All New Honda HR-V melakukan debut perdana di Indonesia, Rabu (23/3/2022). Menariknya, Honda juga memasarkan mesin 1.500 cc turbo pada HR-V. Ini jadi yang pertama di dunia.

"Ya benar, 1.5 turbo ini di seluruh dunia, Indonesia yang pertama kali. Tapi ke depannya kemungkinan untuk negara lain juga," ujar Yoshitomo Ihashi, Large Project Leader of All New Honda HR-V Honda Motor Co., Ltd., Automobile Operation, Monozukuri Center, dalam konferensi pers virtual, Rabu (23/3/2022).

Saat Honda memasarkan Honda 1.500 cc turbo, ini juga sekaligus menggantikan HR-V 1.8L yang sudah disetop produksi oleh Honda. Yoshitomo mengatakan bahwa mesin yang digunakan pada HR-V RS ini sama dengan CR-V 1.5 Turbo.

"Jadi untuk mesin all new turbo sama dengan CR-V yang 1.5 liter turbo tapi settingan-nya sudah disesuaikan khusus untuk HR-V," jelas Yoshitomo.

Honda HR-V 1.5 Turbo RS jadi varian paling atas. Perbedaan yang signifikan tentu dari segi performa. Model ini menggunakan turbo, sementara varian lainnya masih natural aspirated. Well, seberapa besar perbedaan tenaga dari Honda HR-V yang lama dan baru ini?

"Jadi apabila kita lihat yang 1.8 di HR-V sebelumnya, itu engine performance-nya 139 PS, atau 160 Nm. Apabila kita bandingkan 1.8 tersebut dengan 1.5 turbo yang RS maka ada peningkatan sebanyak 38 PS. Jadi tipe RS itu menjadi 177 PS atau 240 Nm. Itu pun meningkat 71," ujar Product Strategy Manager PT HPM, Ferdianto Budiono dalam kesempatan yang sama.

All New Honda HR-VAll New Honda HR-V Foto: All New Honda HR-V

Ferdianto juga menjelaskan, mesin HR-V pada model SE, E, dan S berbagi platform yang sama dengan Honda BR-V dan City Hatchback RS.

"Kalau kita lihat mesin yang 1.5-nya sendiri, apabila kita bandingkan model HR-V sebelumnya, juga ada peningkatan. Model sebelumnya 120 PS, sekarang meningkat jadi 121 PS. Jadi ada juga improvement dari sudut engine, dengan displacement yang sama," terang dia.

Sebelum diluncurkan di Tanah Air, generasi kedua Honda HR-V telah diperkenalkan di Jepang, Thailand dan Eropa dengan respon positif dari konsumen. Bahkan dalam kurun waktu sebulan sejak diluncurkan di Jepang, Honda HR-V generasi kedua telah mencatatkan penjualan lebih dari 50.000 unit.

All New Honda HR-VAll New Honda HR-V Foto: All New Honda HR-V

Mobil yang bertarung di segmen medium Sport Utility Vehicles (SUV) ini sudah terjual 208.749 unit sejak diperkenalkan di Indonesia pada 2015 silam. Di Indonesia, HR-V generasi kedua ditargetkan bisa terjual 35 ribu unit dalam setahun.

Hadirnya RS atau Road Sailing ini jadi yang pertama bagi HR-V. Untuk pasar Indonesia, mobil ini dipasarkan mulai dari Rp 355,9 juta hingga Rp 499,5 juta.

(riar/din)