ADVERTISEMENT

Toyota Veloz Dapat Bintang 5 pada Tes Tabrak, Lihat Lagi Fitur-fiturnya yang Berlimpah

Dina Rayanti - detikOto
Rabu, 23 Mar 2022 13:34 WIB
Uji Tabrak Toyota Veloz
Veloz diuji tabrak. (Dok. ASEAN NCAP)
Jakarta -

Toyota Veloz produksi Indonesia berhasil mendapatkan 5 bintang saat melakoni uji tabrak oleh ASEAN New Car Assessment Program (ASEAN NCAP). Toyota Veloz mendapatkan poin perlindungan penghuni dewasa total 27,90 dari poin maksimal 32,00. Sementara untuk skor perlindungan penumpang anak-anak, Toyota Veloz meraih score 43,78 dari nilai maksimal 51,00.

Fitur keamanan Veloz juga diganjar poin yang baik. Dari total skor 21, fitur keamanan Veloz membukukan nilai 16,83. Tak ketinggalan untuk perlindungan pada pengendara sepeda motor Veloz berhasil meraih poin 9,53 dari total 16,00. Secara keseluruhan, poin yang diraih Toyota Veloz adalah 79,99.

Wajar bila Toyota Veloz berhasil meraih poin tinggi dalam tes tabrak kali ini. Veloz yang kini telah berpisah dari Avanza telah memiliki peningkatan fitur cukup signifikan. Veloz dilengkapi dengan beragam fitur seperti Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking, Pedal Missoperation Control, Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention, dan Front Departure Alert.

Veloz juga kini disematkan fitur keamanan berbasis radar pada varian tertinggi yakni Toyota Safety Sense (TSS). Adapun fitur TSS pada Veloz terdiri dari Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking, Pedal Missoperation Control, Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention, dan Front Departure Alert.

Peningkatan fitur keamanan dan keselamatan itu membuat harga Veloz juga berbeda dari Avanza. Harga Toyota Veloz termurah saat ini dibanderol Rp 278,7 juta dan termahal Rp 301,6 juta. Sementara Avanza dijual mulai Rp 217,2 juta hingga yang tertinggi Rp 237,1 juta.

Sekadar informasi, sebelumnya pada tahun 2013 ASEAN NCAP pernah melakukan tes serupa namun pada model Avanza tahun 2013. Saat itu Avanza hanya meraih 4 bintang dalam uji tabrak. Masih minimnya fitur mendukung hasil pengujian tersebut. Kala itu Avanza hanya dibekali 2 Aribag, 3-Point Seatbelt, sistem pengereman AVNS, dan juga Stability Control.



Simak Video "Ini Daftar Mobil dengan Tingkat Safety Terbaik di Asia Tenggara"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT