ADVERTISEMENT

Toyota Veloz Diuji Tabrak, Ini Hasilnya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 23 Mar 2022 08:11 WIB
Uji Tabrak Toyota Veloz
Uji Tabrak Toyota Veloz (Dok. ASEAN NCAP)
Jakarta -

Toyota telah meluncurkan All New Toyota Veloz di Indonesia dan beberapa negara di Asia Tenggara. Untuk memastikan keamanan mobil baru tersebut, ASEAN New Car Assessment Programme (NCAP) menguji tabrak Toyota Veloz. Bagaimana hasilnya?

Toyta Veloz menjadi mobil pertama Toyota yang diuji tabrak dan diberi penilaian berdasarkan protokol penilaian ASEAN NCAP 2021-2025. MPV terbaru ini menawarkan enam airbag di semua negara, kecuali di Indonesia yang hanya menawarkan airbag lengkap di tipe tertingginya (Q CVT TSS), sementara Veloz tipe MT dan Q CVT di Indonesia hanya tersedia airbag sopir dan penumpang depan.

Model 7-seater ini dilengkapi dengan Anti-lock Braking System, Electronic Stability Control, sistem Seat Belt Reminder untuk kursi penumpang depan dan belakang dan teknologi Pedestrian Protection sebagai kelengkapan standar di semua variannya.

Sistem Pengereman Darurat Otonom (AEB) untuk perkotaan dan AEB Inter-Urban tersedia sebagai standar untuk pasar Brunei. Veloz juga dilengkapi dengan Blind Spot Detection (BSD) sebagai perlengkapan standar untuk pasar di Brunei, Thailand dan Vietnam. Mobil ini menawarkan teknologi bantuan keselamatan lainnya yaitu Forward Collision Warning, Lane Departure Warning dan Lane Keep Assist sebagai opsional.

Saat dites tabrak, Toyota Veloz menawarkan perlindungan yang cukup baik untuk penumpang dewasa.

"Data uji menunjukkan ada perlindungan marginal ke dada pengemudi sementara kaki bagian bawah sopir dan penumpang mendapat perlindungan yang memadai. Kompartemen penumpang depan MPV tetap stabil dalam uji tabrak depan," sebut ASEAN NCAP dalam laporannya.

Sementara dari dampak tabrakan samping, terdapat perlindungan marginal pada bagian dada. Namun, ada perlindungan yang memadai untuk bagian perut.

[Gambas:Youtube]



Toyota Veloz mendapatkan poin perlindungan penghuni dewasa total 27,90 dari poin maksimal 32,00. Mobil ini diganjar bintang lima perlindungan penghuni dewasa.

Dari perlindungan penumpang anak-anak, Toyota Veloz meraih score 43,78 dari nilai maksimal 51,00. Penilaian untuk perlindungan penumpang anak-anak juga meraih bintang lima, yang berarti rating maksimal.

Penilaian berikutnya yaitu Safety Assist atau fitur-fitur pendukung keselamatan. Untuk penilaian ini, Toyota Veloz mendapatkan skor 16,83 dari nilai maksimal 21,00. Kemudian untuk motorcycle safety Toyota Veloz meraih nilai 9,53 dari nilai maksimal 16,00.

"Toyota Veloz baru tampil baik dalam pengujian dengan total skor 79,99 poin dari kategori AOP (perlindungan penghuni dewasa), COP (perlindungan penumpang anak-anak), SA (safety assist) dan MS (motorcycle safety). Skor tersebut menempatkan MPV tersebut layak menerima peringkat bintang 5 dari ASEAN NCAP," ungkap ASEAN NCAP.



Simak Video "Lets Go! Test Drive All New Veloz"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT