Mengenal Sejarah Land Cruiser, SUV Tangguh yang Berkelas

Dea Duta Aulia - detikOto
Selasa, 01 Mar 2022 20:02 WIB
Toyota All New Land Cruiser
Foto: Toyota
Jakarta -

Toyota membuat gebrakan baru dengan meluncurkan All New Land Cruiser pada tahun 2022. All New Land Cruiser hadir dengan tetap memberikan kesan tangguh dan berkelas bagi para pemiliknya.

Kesan tangguh dan berkelas yang begitu melekat pada Land Cruiser tidak terlepas dari perjalanan sejarah mobil tersebut. Sejak awal kehadiran atau lebih dari 70 tahun lalu, Land Cruiser telah membawa aura sebagai mobil tangguh dan siap menghadapi berbagai medan jalan. Tak hanya itu, mobil jenis SUV ini juga memiliki 10 seri.

Dikutip dari situs resmi Toyota, sejarah panjang perjalanan Toyota Land Cruiser di mulai pada Agustus 1951. Ketika itu, perusahaan kendaraan roda empat asal Jepang ini menghadirkan Toyota BJ.

Kehadiran Toyota BJ merupakan wujud dari penyempurnaan seri sebelumnya yakni AK10. Kode BJ pada mobil tersebut pun mengacu pada jenis bensin tipe B 3.386 cc dengan pendingin udara 6 silinder.

Pasca 6 bulan setelah peluncuran, Toyota BJ pun langsung melakukan test drive di tingkat keenam Gunung Fuji Jepang. Dari hasil pengujian tersebut, mobil tersebut menjadi kendaraan pertama yang berhasil sampai di tingkat keenam Gunung Fuji. Berawal dari situlah identitas Land Cruiser sebagai kendaraan tangguh yang mampu melewati berbagai medan terus terbentuk dan terjaga hingga sekarang.

Land Cruiser Periode 1955 sampai 1980

Pada kurun waktu 1955 hingga 1989, Toyota menghadirkan dua generasi Land Cruiser yakni 20 Series (1955) dan 40 Series (1960). Khusus untuk Land Cruiser 20 Series mobil ini tampil lebih halus dari seri sebelumnya yakni Toyota BJ. Hal itu dilakukan karena Land Cruiser 20 Series sudah mengalami penyesuaian sebagai kendaraan sipil 4x4 dan mulai masuk ke pasar Amerika Serikat.

Lima tahun berselang tepatnya pada 1960 lahirlah generasi ketiga dari Land Cruiser yakni 40 Series. Mobil buatan Toyota yang mendapatkan julukan sebagai FJ40 ini bisa dikatakan menjadi model Land Cruiser yang paling populer dan melegenda hingga 1986.

Bahkan seri ini mendapatkan sambutan yang sangat baik dari para konsumen di berbagai negara. Menurut catatan penjualan Toyota pada 1964 Land Cruiser 40 Series laris manis hingga 200.000 unit. Jumlah tersebut terus mengalami peningkatan. Bahkan pada 1980 tercatat penjualan Land Cruiser 40 Series tembus sampai 1 juta unit.

Eksistensi dari seri Land Cruiser 40 Series pun masih terjaga hingga sekarang. Sebab seri tersebut menjadi salah satu kendaraan yang kerap diburu oleh para penggemar dari berbagai daerah.

Masih dalam periode yang sama, Toyota tampaknya ingin kembali mengulang kesuksesan Land Cruiser 40 Series dengan meluncurkan Land Cruiser 50 Series.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, Land Cruiser 50 Series masuk ke dalam segmen Station Wagon dengan tampilan lebih bersahabat untuk dipakai di dalam kota. Model ini hadir dengan peningkatan kenyamanan tanpa mengurangi kemampuan di medan berat sebagai DNA yang bertahan hingga sekarang.

Land Cruiser Periode Periode 1980 sampai 2000

Sepanjang periode tersebut, Toyota menghadirkan 5 generasi Land Cruiser yakni 60 Series, 70 Series, 80 Series, 90 Series, dan 100 Series.

Kemunculan Land Cruiser 60 Series dimulai pada Agustus 1980 lalu. Pada tahun tersebut Toyota resmi memperkenalkan seri tersebut dengan model station wagon. Secara menyeluruh, tampilan Land Cruiser 60 Series sudah berubah drastis. Dari penampilan yang berubah, banyak orang beranggapan mobil ini lebih cocok digunakan untuk bersantai di pantai dan pegunungan.

Selang 4 tahun setelah kehadiran 60 Series, Toyota kembali memperkenalkan generasi teranyar dari Land Cruiser yakni 70 Series. Mobil yang memiliki DNA heavy duty vehicle hadir untuk meneruskan pendahulunya yakni 40 Series. Mobil ini juga bertransformasi dengan menghadirkan light duty sebagai generasi awal Prado. Hingga kini Seri 70 tetap dijual untuk kebutuhan fleet.

Selanjutnya yakni Land Cruiser 80 Series. Keunikan dari mobil ini sengaja dirancang sebagai generasi penerus Land Cruiser 60 Series. Dengan memegang semangat off-roader mobil ini tetap ber-DNA sebagai kendaraan dengan ikon SUV mewah dan berkelas. Hal itu bisa terlihat dari desain 80 Series yang begitu modern dan atraktif pada masanya.

Lantas bagaimana dengan ketangguhannya? Tentu jangan dipertanyakan lagi. Ketangguhan dari 80 Series telah teruji di berbagai kondisi alam yang begitu menantang seperti di gurun pasir Timur Tengah dan hutan tropis lebat di Amerika Selatan.

Land Cruiser 90 merupakan generasi kedua Prado yang dirilis pada bulan Mei 1996. Garis desain Land Cruiser Prado mengarah ke kendaraan 4WD yang lebih berorientasi pada penumpang dengan postur tubuh lebih kecil yang juga dilengkapi mesin yang lebih kecil. Prado merupakan anggota keluarga Land Cruiser pertama yang mengadopsi suspensi independen di depan bermodalkan sistem double wishbone dan pegas koil independen serta pegas koil 4 link dengan batang lateral di belakang.

Memasuki penghujung tahun 1990an atau lebih tepatnya pada 1998 Land Cruiser 100 Series hadir. Seri ini meningkatkan kinerja dasar penggerak 4 roda dan mengangkat citra prestisius Toyota Land Cruiser sebagai kendaraan 4WD mewah.

Body station wagon 5 pintu mempertahankan ladder frame yang kokoh, sedangkan dimensi bodi diperluas untuk meningkatkan ukuran kabin. Suspensi depan mobil ini telah mengaplikasikan desain independen yang lebih fleksibel sehingga mampu menerjang berbagai kondisi jalan. Model VX Limited sebagai flagship menawarkan perangkat baru yang menggabungkan Active Height Control (AHC) dengan Skyhook TEMS.

Land Cruiser Periode 2000 Hingga 2021

Land Cruiser 120 Series resmi hadir pada tahun 2002. Mobil ini mengadopsi desai newly designed high- rigidity frame. Dengan desain seperti itu, mobil ini dilengkapi dengan rangka yang berkekuatan tinggi sehingga mampu bermanuver lebih stabil. Land Cruiser 120 Series dilengkapi dengan sistem kontrol traksi aktif dapat yang dapat melakukan penyesuaian pada kondisi berkendara menanjak atau menurun untuk meningkatkan kemampuan off-road.

Upaya Toyota untuk terus menghadirkan generasi penerus Land Cruiser tidak berhenti sampai di situ. Sebab pada 2009 Toyota kembali menghadirkan Land Cruiser 150 Series dengan fitur baru yakni Crawl Control System dan Multi-Terrain Select System yang mampu mengoptimalkan pengaturan gerak saat mobil dalam kondisi off-road.

Sementara itu, Land Cruiser 200 diluncurkan tepat di momen penjualan TLC menembus 5,5 juta unit secara global. Mobil ini memiliki Transfer case baru yang diberi nama Torsen LSD dapat mengubah distribusi tenaga penggerak agar sesuai dengan kondisi jalan guna menghadirkan kinerja berkendara yang mulus dan stabil secara instan.

All New Land Cruiser 2022

Setelah 70 tahun sejak generasi pertama hadir, Toyota kembali menghadirkan generasi terbaru dari Land Cruiser. All New Land Cruiser 2022 didesain lebih tangguh dan berkelas serta membawa berbagai teknologi canggih.

Di Indonesia sendiri, All New Land Cruiser yang dikenal sebagai Premium SUV ini hadir dengan 2 tipe yaitu All New Land Cruiser VX-R untuk pengguna yang menyukai citarasa berkelas, serta All New Land Cruiser GR Sport sebagai flagship bagi pecinta sporty car.

All New Land Cruiser memanfaatkan mesin diesel dengan torsi lebih besar, hemat bahan bakar, dan ramah lingkungan. Dapur pacu berkode F33A-FTV milik TLC 300 sanggup menghasilkan tenaga 305 PS pada 4.000 rpm dan torsi 'brutal' 71,4 Kgm (700 Nm) pada 1.600 - 2.600 rpm.

Melalui dapur pacu tersebut membuat mobil ini dapat dikontrol lebih mudah serta bisa menyalurkan tenaga lebih efisien di berbagai kondisi medan.



Simak Video "Duh! Ternyata Selama Ini Inden yang Dibutuhkan untuk Beli Toyota Land Cruiser"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/din)