ADVERTISEMENT

Sayang Banget, Mobil-mobil Ini Nggak Dapat Diskon PPnBM Lagi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 10 Feb 2022 11:26 WIB
Jakarta -

Pemerintah resmi memperpanjang relaksasi Pajak Penjualan Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP). Namun, ada perbedaan syarat untuk mendapatkan diskon PPnBM. Jadi, tak semua mobil yang tahun lalu dapat diskon PPnBM kini dapat lagi.

Adapun mobil yang mendapat diskon PPnBM ada dua kategori. Pertama adalah mobil LCGC dengan konsumsi bahan bakar minimal 20 km/liter untuk mesin bensin dan 21,8 km/liter untuk diesel serta emisi CO2 paling tinggi 120 g/km.

Kedua adalah mobil dengan mesin 1.500 cc ke bawah, konsumsi BBM minimal 15,5 km/liter untuk mesin bensin dan 17,5 km/liter untuk mesin diesel dengan CO2 kurang dari 150 g/km.

Syarat lainnya untuk mendapatkan diskon PPnBM antara lain jumlah pembelian lokal (local purchase) paling sedikit 80%. Yang dimaksud dari local purchase meliputi pemenuhan jumlah penggunaan komponen yang berasal dari hasil produksi dalam negeri yang dimanfaatkan dalam kegiatan produksi kendaraan bermotor tertentu

Untuk LCGC, syarat mendapatkan diskon PPnBM adalah harga penjualan (on the road) paling banyak Rp 200 juta. Sementara untuk mobil 1.500 cc ke bawah syarat mendapatkan diskon PPnBM adalah harga paling rendah Rp 200 juta dan paling banyak Rp 250 juta.

Tahun lalu total ada 36 mobil yang mendapat diskon PPnBM. Dengan syarat yang lebih ketat, kemungkinan jumlah mobil yang dapat diskon PPnBM tahun ini lebih sedikit.

Mobil-mobil seperti Toyota Yaris, Toyota Vios, Toyota Sienta, Honda BR-V, Honda City Hatchback, Honda CR-V dan Honda HR-V tidak memenuhi syarat harga maksimal Rp 250 juta. Karena mobil-mobil tersebut kini harganya sudah di atas Rp 250 juta.

Selain itu, mobil-mobil seperti Toyota Kijang Innova 2.0, Innova 2.4, Fortuner 2.4 dan Honda CR-V 2.0 juga tidak dapat diskon PPnBM lagi. Sebab, mobil-mobil tersebut tidak memenuhi syarat kapasitas mesin maksimal 1.500 cc dan harga maksimal Rp 250 juta.

Daftar kendaraan yang memenuhi syarat penerima diskon PPnBM akan ditentukan oleh Kementerian Perindustrian. Sejauh ini belum ada keputusan dari Kemenperin terkait mobil-mobil penerima diskon PPnBM tahun 2022.

(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT