Menakar Peluang Kia Carens Masuk ke Pasar Indonesia

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 25 Jan 2022 18:10 WIB
Kia Carens
Kia Carens. Foto: Dok. Kia
Jakarta -

Mobil-mobil buatan Korea Selatan ternyata cukup diminati di India. Selain Hyundai Creta, primadona baru warga India saat ini adalah MPV teranyarnya Kia, All New Carens. Jika Hyundai Creta sudah resmi masuk pasar Indonesia sejak akhir 2021 lalu, gimana dengan Kia Carens ya? Apakah berpeluang juga dipasarkan di Tanah Air.

Sebagai informasi, PT Kreta Indo Artha selaku Agen Pemegang Merek Kia di Indonesia saat ini memasarkan sekitar 8 model, baik dari jenis SUV, MPV, juga termasuk kendaraan niaga.

Mengutip situs resminya, model-model Kia yang dipasarkan tersebut antara lain New Picanto, All New Rio, Grand Sedona, Carnival, Seltos, Sonet, Sonet 7-seater, hingga mobil pikap K2700.

Kia Indonesia sendiri cukup rajin mendatangkan model-model terbaru buatan Kia India seperti Seltos dan Sonet. Artinya ada kemungkinan model baru Kia Carens dipasarkan di Indonesia. Terlebih Carens adalah sebuah mobil MPV 7-seater, yang mana sangat disukai konsumen Indonesia.

Dikonfirmasi detikOto, PT Kreta Indo Artha belum mau berbicara lebih rinci soal kemungkinan membawa model Kia Carens ke Indonesia. Perusahaan masih akan mempelajarinya lebih lanjut.

"Masih dipelajari (kemungkinan membawa Kia Carens ke Indonesia)," kata Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha (KIA), Ario Soerjo, kepada detikOto, Selasa (25/1/2022).

Lalu ketika ditanya soal rencana Kreta Indo Artha membawa model baru Kia ke Indonesia tahun 2022 ini, Ario masih irit bicara. "Nanti ada waktunya," kata Ario.

Sebagai informasi, sebelumnya Kia India mengklaim bahwa Carens mendapat respons positif dari masyarakat, karena model tersebut telah mengumpulkan 7.738 pemesanan di hari pertama penjualan.

Kia Carens telah memecahkan rekor baru perusahaan sebagai mobil yang paling banyak dipesan pada hari pertama penjualan. Rekor tersebut sebelumnya dipegang Kia Sonet yang dipesan lebih dari 6.500 unit di hari pertama, dan Kia Seltos yang dipesan 6.000 unit di hari pertama.

Kia Carens ditawarkan dalam lima trim yang meliputi Premium, Prestige, Prestige Plus, Luxury, dan Luxury Plus. Empat varian pertama memiliki konfigurasi tujuh kursi, sedangkan varian teratas Luxury Plus hadir dengan tata letak enam kursi opsional.

Beberapa fitur yang akan hadir di Carens adalah sistem infotainment layar sentuh 10,25 inci, layar driver TFT 4,2 inci, sistem audio Bose delapan speaker, air purifier, kursi depan berventilasi, lampu ambient 64 warna, dan wireless charging dengan fungsi pendinginan.

Selain itu, juga akan dilengkapi dengan teknologi konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto nirkabel, audio Bose, sunroof satu panel, serta one-touch tumble elektrik untuk baris kedua.

Dari aspek safety, Carens akan dilengkapi 6 airbag, ABS with EBD, sensor parkir belakang, electronic stability control, all-four disc brake, hill hold/descent control, dan pemantau tekanan ban.

Dan untuk pilihan powertrain, akan tersedia dengan tiga pilihan mesin, meliputi mesin 1.5 bensin, 1.4 bensin dan 1.5 diesel. Sementara itu pilihan tenaga dan transmisinya adalah 115 PS dan 144 Nm dengan manual 6-percepatan, 140 PS dan 242 Nm dengan manual 6-percepatan/DCT 7-percepatan, serta 115 PS dan 250 Nm dengan manual 6-percepatan dan otomatis (AT).

(lua/lth)