ADVERTISEMENT

Canggihnya Pabrik Hyundai di Cikarang: Full AC, Pakai 409 Robot Perakit Mobil

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 14 Jan 2022 15:12 WIB
Pabrik Hyundai di Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat
Foto: Luthfi Anshori/detikOto. Pabrik Hyundai di Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.
Jakarta -

Pabrik Hyundai di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, akan memulai produksi perdananya pada Senin 17 Januari 2022. Pabrik ini memiliki sejumlah kecanggihan, antara lain sudah full AC dan sudah memakai sekitar 409 tenaga robot untuk proses perakitan mobil.

PT Hyundai Motors Indonesia (HMDI) mengajak sejumlah wartawan untuk melihat pabrik baru PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) di Bekasi, Jawa Barat. Dalam acara yang berlangsung pada Kamis (13/1) itu, awak media juga mendapat kesempatan melakukan first drive Hyundai Creta.

Sebagai informasi, pada tanggal 26 November 2019, Hyundai Motor Company dan pemerintah Indonesia menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk membangun pabrik manufaktur di Tanah Air yang sekaligus menjadi pusat manufaktur pertamanya di Asia Tenggara. Pabrik tersebut memiliki nilai investasi sekitar USD 1,55 miliar hingga 2030.

Pembangunan pabrik yang berlokasi di Deltamas, Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia ini rampung pada Desember 2021 lalu. Pabrik manufaktur tersebut dibangun di atas lahan seluas 77,7 hektar dengan luas bangunan 18,8 hektar. Pabrik ini bisa memproduksi 150 ribu mobil per tahun.

Hyundai CretaHyundai Creta yang akan diproduksi di pabrik Cikarang Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Dengan selesainya pembangunan pabrik di Indonesia, Hyundai langsung memulai proses produksi model Hyundai pertama yang dibuat di Indonesia, untuk masyarakat Indonesia, yaitu Hyundai Creta. Selain Creta, Hyundai juga bakal memproduksi mobil listrik, Ioniq 5, tahun 2022 ini.

Pada Kamis, 13/1/2022, HMMI mengajak wartawan, termasuk detikOto, untuk mengintip proses produksi kendaraan yang ada di fasilitas HMMI, antara lain fasilitas pembuat oksigen medis, safety training center, press shop, body shop, dan terakhir assembly shop.

Oh iya, selama awak media berkeliling di fasilitas pabrik HMMI, pihak Hyundai melarang kami untuk mengambil gambar, baik dalam bentuk foto atau video, sehingga kami tidak bisa menyajikan dalam bentuk visualnya kepada para pembaca.

Hyundai CretaHyundai Creta yang baru saja selesai diproduksi Foto: Luthfi Anshori/detikOto

[Lanjut Halaman Berikutnya: pengalaman kami berkunjung ke pabrik Hyundai Indonesia:]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT