ADVERTISEMENT

Mantap! Hyundai Ioniq 5 Akan Diproduksi di Pabrik Cikarang Tahun Ini

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 14 Jan 2022 13:26 WIB
Hyundai Ioniq 5
Wujud Ioniq 5 yang beberapa kali dipamerkan Hyundai di pameran otomotif Indonesia Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

Hyundai begitu agresif di Indonesia. Setelah membuat fasilitas perakitan di kawasan Deltamas Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Hyundai langsung memproduksi mobil pertamanya, Hyundai Creta. Tak sampai di situ, Hyundai juga siap memproduksi mobil listrik Ioniq 5.

Hyundai telah memasarkan dua model listrik di Indonesia, yakni Ioniq dan Kona Electric. Hyundai juga memasarkan sejumlah mobil bermesin pembakaran dalam seperti Palisade, Santa Fe, Staria, dan Creta.

Khusus nama yang disebut terakhir, bakal mulai diproduksi pada 17 Januari 2022 nanti. Tak hanya itu, Hyundai juga siap memproduksi mobil listrik pertama kalinya di Indonesia, Ioniq 5.

"Ioniq 5 akan diproduksi, ya akan diproduksi (di Indonesia) tahun ini. Cuma bulannya berapa, tunggu info dari kami," ujar Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Makmur, kepada wartawan di Deltamas Cikarang, Bekasi, Kamis (13/1/2022).

Sejak awal diluncurkan secara global pada Februari 2021 lalu, Ioniq 5 telah mencuri perhatian sejumlah calon konsumen yang ingin membeli mobil listrik. Salah satu keunggulan dari SUV listrik ini adalah mampu ngecas dari 10 sampai 80 persen dalam waktu 18 menit saja.

Selain itu, Hyundai juga dikabarkan bakal meningkatkan kapasitas baterai pada Ioniq 5. Saat ini mobil tersebut tersedia dalam pilihan baterai 72,6 kWh dan rencananya bakal ditingkatkan menjadi 77,4 kWh.

Hal ini membuat Ioniq 5 mampu menempuh jarak lebih jauh lagi. Awalnya, mobil EV tersebut mampu menempuh perjalanan 423 km, kini Ioniq 5 diklaim bisa menjangkau jarak 480 km sampai 490 km dalam sekali pengisian daya baterai.

Hyundai menjual Ioniq 5 dengan tipe dan harga yang cukup beragam untuk pasar Amerika Serikat. Tipenya mulai dari SE Standard Range yang hadir dengan sistem penggerak roda belakang, hingga Limited yang hadir dengan dual motor dan penggerak semua roda.

Ioniq 5 dibangun dengan platform BEV khusus dari Hyundai Motor Group yang disebut Electric-Global Modular Platform (E-GMP), sehingga memungkinkan produk ini memiliki proporsi unik dari wheelbase yang memanjang.

Melalui platform E-GMP, Ioniq 5 disebut menawarkan desain interior yang inovatif dengan material ramah lingkungan di beberapa titik tertentu, performa kuat yang dipadu dengan pengisian daya sangat cepat dan fungsi Vehicle-to-Load (V2L) serta fitur konektivitas canggih dan fitur pendukung pengemudi.

Hyundai juga menegaskan bahwa mobil listrik Ioniq 5 adalah kendaraan listrik pertama yang akan Hyundai produksi di Indonesia.



Simak Video "Hyundai Pamer Mobil Listrik Ioniq 5 di Jakarta, Kapan Dijualnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT