Masyarakat Amerika Serikat Kini Berburu Mobil Hybrid, Apa Alasannya?

M Luthfi Andika - detikOto
Senin, 10 Jan 2022 18:40 WIB
Toyota Corolla Cross JDM
Ilustrasi mobil hybrid Toyota Corolla Cross. Foto: Dok. Toyota Motor Corporation
Jakarta -

Kabar mengejutkan hadir dari pasar otomotif Amerika Serikat. Bukan mobil listrik full baterai yang diincar, rupanya banyak masyarakat Amerika Serikat yang berburu mobil hybrid. Wah apa alasannya ya?

Dikutip dari laman Autoblog, disaat mobil listrik menjadi headline, rupanya penjualan mobil hybrid di Amerika Serikat memecahkan rekor baru. Tercatat penjualan mobil hybrid di Amerika Serikat tumbuh hingga 76 persen atau mencapai 801.550 unit sepanjang tahun 2021 kemarin.

Tidak menariknya mobil listrik di Amerika Serikat dijelaskan akibat masih terlalu tingginya harga jual yang ditawarkan, jarak tempuh yang kurang jauh, serta kerap rusaknya charging station di negeri Paman Sam.

Memang penjualan mobil listrik juga meningkat, namun bila melihat dari angka penjualan mobil listrik di Amerika Serikat masih jauh dibandingkan mobil hybrid. Penjualan mobil listrik di Amerika mencapai 434.879 unit.

Sebagai informasi, penjualan mobil hybrid di Amerika Serikat masih dikuasai oleh merek Toyota, yang merebut posisi penjualan General Motors. Toyota berhasil menguasai pasar mobil hybrid di Amerika Serikat dengan menguasai pasar mencapai 73 persen atau mencapai 583.697 unit.

"Hybrid menawarkan perpaduan menarik, sehingga bisa lebih membuat konsumsi bahan bakar semakin sedikit," ujar Technology Director at Center for Automotive Research, Brett Smith.

Selanjutnya dijelaskan, penjualan mobil hybrid kedua terbesar di Amerika dikuasai oleh Honda, dengan mampu menjual 107.060 unit. Dan Honda juga memastikan, akan mulai menjual mobil listrik mereka di Amerika Serikat mulai 2024 besok.

(lth/lua)