Fortuner Legender 'Buatan Indonesia' Diekspor?

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 21 Des 2021 18:23 WIB
Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, resmi dikelolah PT. PPI. Hari ini sebanyak 1.200 kendaraan mobil diekspor perdana hari ini melalui Pelabuhan Patimban.
Ekspor mobil di Pelabuhan Patimban Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Fortuner Legender diduga sudah dirakit di Indonesia. Nampak mobil varian tertinggi dari Fortuner itu terekam kamera dalam seremonial ekspor perdana di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Jumat (17/12) lalu.

Hal ini terlihat dalam siaran langsung Kementerian Perhubungan. Ribuan mobil tengah mengantri untuk masuk ke dalam kapal MV Fujitrans World.

Terlihat satu unit mobil yang diduga Fortuner Legender ikut antri di antara 1.200 unit mobil lainnya. Seperti diketahui ekspor perdana via Patimban itu menuju negara Filipina.

Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, resmi dikelolah PT. PPI. Hari ini sebanyak 1.200 kendaraan mobil diekspor perdana hari ini melalui Pelabuhan Patimban.Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, resmi dikelolah PT. PPI. Hari ini sebanyak 1.200 kendaraan mobil diekspor perdana hari ini melalui Pelabuhan Patimban. Foto: Agung Pambudhy

Desain dari Fortuner Legender kontras dengan new Fortuner yang dipasarkan di Indonesia saat ini. Misalnya pada bagian tampang, Fortuner Legender mengadopsi grille yang lebih kecil dari varian Fortuner biasa, bentuknya dibuat terpisah dengan bumper.

Tampang mukanya sedikit terasa dengan aura Lexus, serta desain baru LED headlight yang terintegrasi dengan lampu DRL.

Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, resmi dikelolah PT. PPI. Hari ini sebanyak 1.200 kendaraan mobil diekspor perdana hari ini melalui Pelabuhan Patimban.Ekspor mobil yang diduga Fortuner Legender Foto: Agung Pambudhy

Selain itu yang membedakan varian Legender dengan Fortuner biasa ialah penggunaan warna two tone, setengah bodi ke atap.

Perbedaan lain ialah dari sektor dapur pacu, SUV ladder frame Toyota ini diketahui punya dua pilihan mesin 2.4 liter dan 2.8 liter enam percepatan, keduanya memiliki opsi 4WD. Sementara di Thailand tidak tersedia opsi manual.

Varian Legender tersedia opsi mesin 2.8 liter. Untuk diketahui PT Toyota Astra Motor saat ini belum menjual varian tersebut.

Filipina sebenarnya juga sudah menjual Fortuner dengan desain mirip Legender namun dengan nama Fortuner Ltd.

Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal Toyota Motor Indonesia Manufacturing (TMMIN) Bob Azam belum merespon pesan terkait produksi Fortuner Legender di Indonesia.

Sebelumnya sosok Fortuner 2.8 juga pernah muncul dalam Permendagri No. 40 Tahun 2021. Tertulis ada dua model, di antaranya:

- Fortuner 2.8 VRZ 4x2 memiliki nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) Rp 431.000.000.

- Fortuner 2.8 VRZ 4x4 punya NJKB Rp 554.000.000.

Perlu diketahui, NJKB ini bukanlah harga resmi dari mobil tersebut. NJKB adalah angka dasar nilai jual kendaraan sebelum dikenakan pajak-pajak seperti Pajak Pertambahan Nilai, pajak kendaraan bermotor (PKB), dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBN-KB).

Well, apakah Fortuner Legender juga bakal dipasarkan di Indonesia?



Simak Video "Pemerintah Minta Mercedes-Benz 'Made In Indonesia' Diekspor"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)