Ini Mobil Daihatsu 'Made In Indonesia' yang Diekspor Perdana via Patimban

ADVERTISEMENT

Ini Mobil Daihatsu 'Made In Indonesia' yang Diekspor Perdana via Patimban

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 21 Des 2021 11:39 WIB
Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, resmi dikelolah PT. PPI. Hari ini sebanyak 1.200 kendaraan mobil diekspor perdana hari ini melalui Pelabuhan Patimban.
Ekspor mobil via Pelabuhan Patimban Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) turut berpartisipasi pada acara seremoni hand over dan ekspor perdana di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat. Lantas, mobil Daihatsu 'Made In Indonesia' apa saja yang dikirim?

Dalam acara seremoni tersebut, Pelabuhan Patimban langsung melakukan kegiatan ekspor perdananya dengan mengekspor lebih dari 1.200 unit kendaraan ke Filipina, di antaranya beberapa model yang diproduksi oleh ADM untuk brand Toyota seperti Rush, Avanza, Wigo (kembaran Agya), dan Raize.

"Partisipasi ini merupakan bentuk dukungan dan peluang bagi Daihatsu untuk mendukung kegiatan ekspor secara maksimal di pelabuhan Patimban dalam meningkatkan industri otomotif nasional, sekaligus devisa negara.," ujar Johan, Export Import Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Berdasarkan data GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), hingga November 2021, ekspor kendaraan roda empat CBU (Completely Built Up), ADM merupakan penyumbang terbesar dengan volume sebanyak lebih dari 108 ribu unit, atau berkontribusi sebesar 40,6% dari total ekspor nasional kendaraan roda empat CBU yang mencapai 267.224 unit.

Produk ADM diekspor hingga ke 75 negara di dunia, mulai dari ASEAN, Asia Selatan, Asia Timur, Timur Tengah, Afrika, hingga Amerika Latin. Model mobil itu terdiri dari mobil Daihatsu Gran Max, Mazda Bongo (kembaran Gran Max), Toyota Lite Ace, Toyota Avanza, Toyota Rush, Toyota Raize, serta Toyota Wigo (kembaran Agya).

Sebagai informasi, Pelabuhan Patimban awalnya dikelola Kementerian Perhubungan lewat penugasan kepada Pelindo. Kini resmi dikelola gabungan perusahaan Indonesia-Jepang, yaitu PT Pelabuhan Patimban Internasional (PPI) dan Toyota Tsusho Corporation.

PT PPI merupakan badan usaha pelabuhan bentukan PT CT Corp Infrastruktur Indonesia, PT Indika Logistic & Support Services, PT U Connectivity Services, dan PT Terminal Petikemas Surabaya.



Simak Video "Jokowi Targetkan Ekspor 180 Ribu Mobil via Pelabuhan Patimban di 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT