Krisis Chip Semikonduktor Jadi Alasan Inden Avanza-Veloz Lama? Ini kata Toyota

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Sabtu, 18 Des 2021 14:51 WIB
Toyota All New Veloz Journalist Test Drive Bali
Wujud Toyota All New Veloz yang dites oleh tim detikOto saat acara Toyota Journalist Test Drive di BaliFoto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Sejak pandemi Covid-19, industri dunia dihebohkan dengan krisis chip semikonduktor. Sejumlah pabrikan mobil mengalami gangguan produksi. Lantas, apakah ini alasan inden Toyota All New Avanza dan All New Veloz menjadi panjang?

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandi mengatakan, krisis chip semikonduktor sedikit-banyak tidak mengganggu alur produksi mobil-mobil Toyota di Indonesia.

"So far sih saya belum dengar ada isu terbaru. So far belum ada. Tapi situasi bisa berubah ya. Per hari ini lah (chip semiconductor aman)," papar Anton pada ajang Journalist Test Drive All New Avanza dan All New Veloz pada awal Desember 2021 lalu.

Toyota juga mengatakan, salah satu alasan mereka tak terdampak dengan krisi chip semikonduktor di global ini adalah karena perencanaan yang matang dan juga komponen yang dipakai berasal dari lokal.

"Ya itu lah perbedaan kalau kita jualan mobil CKD dengan mobil CBU. Kalau CKD ini kan, perencanaannya udah jauh-jauh hari, supplier pun kebanyakan local supplier. Jadi komunikasinya lebih intens. Kalau pun ada gangguan, minimal lah kalau kita bilang," lanjutnya.

Lantas apa yang menjadi sebab dari inden panjang Toyota All New Avanza dan All New Veloz di beberapa kota di Indonesia? Toyota mengatakan hal ini terjadi karena tingginya minat akan dua mobil sejuta umat ini.

"Memang kalau kita bandingkan, dengan ekspektasi kita waktu itu kan sebulan kira-kira 8.000-an (SPK) target kita. Jadi ini ya melebihi, bahkan hampir dua kali lipat dari target kita," papar Anton.

"Biasanya tuh yang saya sering denger, termasuk temen-temen wartawan ada yang order ke saya juga, Veloz Q TSS warna putih nah itu biasanya tuh dua sampai tiga bulan. Tapi kalau yang tipe lain, warna lain, relatively lebih cepat," papar Anton.

"Avanza nggak sampai 2-3 bulan. Relatively satu bulananan lah. Masih lebih cepat lah (daripada Veloz)," papar Anton.



Simak Video "Toyota Dipesan Lebih dari 3.800 di GIIAS 2021, Model Mana Paling Laris?"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)