Sabar! All New Toyota Avanza Tipe 'Murah' yang Pakai CVT Akan Meluncur

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 13 Des 2021 07:15 WIB
Jakarta -

Sejak awal kemunculannya, Avanza identik dengan sebutan mobil sejuta umat. Mobil ini hadir dengan harga yang terjangkau dan juga pas untuk mobil keluarga Indonesia.

Di model terbarunya ini All New Avanza datang dengan dua jenis mesin yakni 1.300 cc dan juga 1.500 cc. Pilihan tipenya ada E dan G dengan transmisi manual dan CVT. Namun Toyota mengatakan, masih punya satu tipe lagi, yakni tipe murah dengan transmisi CVT alias 1.3 E CVT.

Kabar ini disampaikan oleh Anton Jimmi Suwandi, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) pada ajang Journalist Test Drive Toyota All New Avanza dan All New Veloz di Pulau Bali. Menurutnya, Toyota saat ini sedang melihat pasar dan jika waktunya sudah datang tipe termurah Avanza yang menggunakan transmisi CVT akan hadir.

"Ya karena kan kita memproduksi harus ada priority, yah, dan berdasarkan dari diskusi dengan dealer ya mereka priority-nya kalau Veloz tipe yang atas, sedangkan Avanza tipe yang tengah, tipe G, yah. Jadi ya kita fokus di situ dulu sambil melihat animo pasar," papar Anton.

"Ya kita lihat lah beberapa bulan ini ya. Sekarang sih jujur sih belum begitu besar (demand pasar terhadap Avanza 1.3 CVT). Yang besar itu kalau tipe E itu, masih yang manual," lanjutnya.

Toyota All New Avanza Journalist Test Drive BaliToyota All New Avanza Journalist Test Drive Bali Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Anton mengatakan, saat ini permintaan masih cukup tinggi untuk tipe termurah Avanza yang menggunakan transmisi manual. Sehingga jika menambah lini tipe, Toyota khawatir akan membuat inden makin lama.

"Karena biasanya tipe yang E, even yang model sebelumnya, itu kebanyakan yang manual transmission, yang majority. Karena kalau kita pecah porsinya sedikit-sedikit, ya mungkin bisa inden cukup panjang. Sekarang tipe G pun sudah inden gitu," papar Anton.

"Jadi sebenarnya secara tipe atau varian itu sudah dipersiapkan. Jadi kalau demand-nya memang besar bisa saja some day kita improve," lanjutnya.

Perlu diketahui, saat ini Toyota menjual All New Avanza dalam empat pilihan tipe, mulai dari 1.3 E M/T, 1.5 G M/T, 1.5 G CVT, dan tipe tertinggi 1.5 G CVT TSS. Harganya pun cukup beragam yakni mulai dari Rp 206,2 juta hingga Rp 264,4 juta.

(mhg/din)