Kia Carens Meluncur di India, Siap 'Acak-acak' Suzuki Ertiga

Luthfi Anshori - detikOto
Sabtu, 18 Des 2021 08:10 WIB
Kia Carens
Kia Carens. Foto: Dok. Kia
Jakarta -

Kia Carens model terbaru resmi dirilis di India. Kendati mengusung tampilan ala SUV, mobil ini jelas bermain di segmen low MPV dan secara langsung akan berkompetisi dengan Suzuki Ertiga yang menjadi raja di India. Lalu seperti apa spesifikasi yang ditawarkan Kia Carens?

Sebagai informasi, Kia Carens merupakan produk kesekian kali Kia India setelah Seltos dan Sonet. Dibandingkan kedua kakaknya yang benar-benar punya aura SUV yang kental, Kia Carens memiliki desain agak berbeda, perpaduan antara SUV dan MPV.

Kia Carens diproduksi di fasilitas manufaktur Kia di Anantpur, Andhra Pradesh. Mobil ini tersedia dengan pilihan mesin bensin dan diesel. Versi bensin akan ditenagai mesin 1,4 liter turbo yang menghasilkan 140 PS dan 242 Nm. Sementara mesin diesel-nya berkapasitas 1,5 liter yang menghasilkan 115 PS dan 250 Nm. Kedua mesin ditawarkan dengan pilihan transmisi manual dan otomatis.

Kia CarensKia Carens Foto: Dok. Kia

Bicara soal desain, Carens memiliki desain yang berbeda dibanding model-model Kia sebelumnya. Mobil ini tampil lebih elegan dengan kisi-kisi Tiger Nose yang direvisi. Di depan terdapat lampu DRL LED dengan bentuk huruf 'Y' yang terlihat premium. Tepat di bawah DRL LED, disematkan lampu utama LED tiga baris yang tampak modern.

Masih dari bagian depan, bumper Carens dibuat lebih kekar dengan kombinasi lampu kabut LED di ujungnya. Lalu pindah ke bagian sampingnya, mobil ini terlihat sporty dengan velg alloy 5-spoke dual tone, cladding plastik yang melintang di bagian bawah. Disematkan pula garnish krom di beberapa area.

Geser ke bagian belakang, mobil ini mendapatkan lampu belakang LED yang menyambung dengan bagian reflektor di pintu belakang. Tambahan spoiler, bumper yang kekar, serta antena sirip hiu kian menambah sporty mobil ini.

Kia CarensKia Carens Foto: Dok. Kia

Kia akan menawarkan Carens dalam konfigurasi 6 dan 7 tempat duduk. Meski Carens mengambil basis dari Seltos, interior Carens sama sekali berbeda. Kabin Carens telah didesain ulang dan dilengkapi fitur-fitur seperti air purifier, kursi berventilasi di depan, kluster instrumen digital, sunroof elektrik, lampu ambient, cruise control, kontrol iklim otomatis, sistem infotainment layar sentuh, sistem speaker premium dari Bose dan masih banyak lainnya.

Kia sesumbar bahwa Carens akan menjadi salah satu mobil teraman di India, sebab Kia Carens memiliki banyak fitur safety seperti 6 airbag, ABS dengan EBD, Traction Control, rem cakram untuk semua roda, TPMS, sensor parkir belakang, termasuk ESC, HAC, VSM, DBC, BAS.

Kia CarensKia Carens Foto: Dok. Kia
(lua/din)