All New BR-V Terlalu Canggih, Bikin Konsumen HR-V Beralih?

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 15 Des 2021 20:21 WIB
All New Honda BR-V
All New Honda BR-V Foto: Dok. HPM
Jakarta -

All New Honda BR-V tak hanya membawa kebaruan dari sisi tampilan. Mobil ini juga telah dibekali fitur-fitur canggih seperti Honda SENSING. Padahal kakaknya, HR-V, belum memiliki fitur bantuan pengemudi itu. Dengan makin canggihnya All New BR-V, apakah bisa membuat konsumen HR-V berpaling?

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy, menjamin bahwa antara pasar BR-V dan HR-V tidak akan saling makan. Musababnya kedua model itu memiliki segmentasi masing-masing.

"Kalau BR-V kan 7-seater ya. HR-V itu 5-seater. Jadi target pasarnya beda, LSUV (Low Sport Utility Vehicle) dan MSUV (Medium Sport Utility Vehicle)," bilang Billy kepada wartawan di Jakarta, Rabu (15/12/2021).

Jika dilihat dari konfigurasi kursinya memang berbeda, tapi yang perlu dicatat, All New BR-V sudah dibekali fitur driving assist secanggih Honda SENSING yang belum ada di kompetitornya, seperti Toyota Rush, Daihatsu Terios, dan Mitsubishi Xpander Cross. Apakah ada kemungkinan konsumen HR-V beralih ke All New BR-V karena mengincar teknologi sensornya?

"Nanti kita lihat saja ke depannya, HR-V akan jadi seperti apa," jawab Billy diplomatis.

All New Honda BR-VAll New Honda BR-V Foto: Dok. HPM

Sebagai informasi, All New BR-V menjadi LSUV pertama yang memiliki paket fitur keselamatan aktif Honda SENSING. Sebelumnya fitur ini hanya tersedia pada Honda CR-V, Accord, dan Odyssey. Pada All New BR-V, fitur SENSING hanya ada pada varian All New BR-V Prestige with Honda SENSING alias varian tertingginya.

Sistem Honda SENSING menggunakan front wide view camera yang dapat mendeteksi fitur target dan mengenali berbagai objek, seperti kendaraan atau pejalan kaki.

Sistem mampu mengukur jarak dan posisi lateral objek berdasarkan perubahan ukuran objek target, berapa lama perubahan terjadi, dan kecepatan kendaraan. Ini memungkinkan kamera mengenali garis putih di jalan, pembatas jalan seperti trotoar, atau kendaraan lain seperti sepeda motor, sepeda, dan pejalan kaki.

Beberapa fitur yang ada di Honda SENSING antara lain Lead Car Departure Notification System (LCDN), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Road Departure Mitigation (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Keeping Assist (LKA), serta Auto High Beam (AHB).



Simak Video "Ribuan All New Honda BR-V Terpesan, Tipe Tertinggi Paling Laris Diburu!"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)