Bawa Mobil Listrik ke Sumatera Lebih Tenang, Kini Sudah Ada SPKLU di Lampung

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 05 Des 2021 20:24 WIB
PT PLN (Persero) luncurkan aplikasi Charge-In. Aplikasi ini membantu pengguna kendaraan listrik mencari SPKLU terdekat hingga monitor pengisian daya.
SPKLU PLN. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Membawa mobil listrik untuk perjalanan jauh kini tak perlu khawatir lagi. Sebab, fasilitas Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPKLU) terus diperbanyak di berbagai daerah.

Terbaru, PT PLN (Persero) menambah Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPKLU) di Lampung untuk memudahkan pengguna kendaraan listrik mengisi energi di wilayah tersebut.

"PLN terus mendorong pertumbuhan penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Energi listrik merupakan energi yang ramah lingkungan, bersih tanpa polusi, tanpa karbonisasi, praktis dan ekonomis. Maka, penggunaan kendaraan listrik merupakan pilihan yang paling tepat saat ini," kata General Manager PLN UID Lampung I Gede Agung Sindu Putra.

"Penambahan titik lokasi SPKLU ini merupakan tekad kita bersama dalam mendorong masyarakat untuk bertransisi dari penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil ke kendaraan listrik yang bersih dan ramah lingkungan," ujarnya.

PLN menilai, Lampung sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera dan dengan didukungnya akses jalan Tol Trans Sumatera, perlu ditambahkan fasilitas SPKLU. PLN menyebut perlu memperbanyak titik SPKLU guna mengantisipasi meningkatnya minat penggunaan kendaraan listrik di masyarakat.

PLN UID Lampung mengoperasikan penambahan satu titik SPKLU yang berlokasi di El's Coffee Roastery Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandar Lampung.

Rencananya pada bulan Desember 2021 ini, PLN akan menambah satu titik lagi di Rest Area Tol Trans Sumatera KM 49A. Penambahan infrastruktur pengisian energi kendaraan listrik ini merupakan lanjutan, setelah SPKLU pertama di Rest Area Tol Trans Sumatera KM 20 B dioperasikan pada tahun yang lalu.

Dengan bertambahnya pengoperasian SPKLU, saat ini total SPKLU di Indonesia ada sebanyak 219 unit terletak di 185 lokasi. Sebanyak 60 unit SPKLU di antaranya adalah milik PLN yang berada di 45 lokasi pada 21 kota. Jumlah SPKLU akan terus bertambah, sebab PLN sedang membangun 54 unit di 21 kota.



Simak Video "Dilema Mobil Listrik: Ramah Lingkungan, Tapi Jutaan Pekerjaan Hilang"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)