ADVERTISEMENT

Nissan Luncurkan Mobil Penjelajah Bulan, Pakai Sistem AWD

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 05 Des 2021 07:15 WIB
Mobil Penjelajah Bulan Nissan
Mobil Penjelajah Bulan Nissan. Foto: Dok. Nissan.
Jakarta -

Persaingan antara produsen otomotif tidak melulu soal mobil baru, namun juga mulai melahirkan mobil penjelajah bulan. Salah satu perusahaan yang kini ikut dalam persaingan adalah Nissan.

Dikutip dari Carscoops, Nissan secara resmi memperkenalkan prototipe sebuah kendaraan penjelajah bulan terbarunya. Kendaraan ini dikembangkan bersama Japan Aerospace Exploration Agency atau JAXA.

Mengenai akselerasinya, Nissan mengusung teknologi yang dinamakan e-4ORCE. Fitur ini sebenarnya sudah disematkan pada mobil listrik Ariya, di mana sistem tersebut merupakan penggerak semua roda atau disebut All-wheel Drive (AWD).

Nissan mengklaim, hadirnya fitur AWD ini dapat membantu kendaraan saat menjelajah bulan yang punya medan cukup sulit seperti berbatu, bergelombang, hingga penuh pasir. Perusahaan mengungkapkan, dengan mengusung fitur AWD ini kendaraan jadi lebih hemat energi sehingga dapat menjelajah bulan lebih jauh.

Selain itu, terdapat juga berbagai sensor yang terpasang pada bodi kendaraan guna mempermudah saat menjelajahi bulan.

Mobil Penjelajah Bulan NissanMobil Penjelajah Bulan Nissan Foto: Dok. Nissan

Sedikit informasi, Nissan telah bekerja sama dengan JAXA dalam hal eksplorasi kendaraan penjelajah bulan sejak Januari 2020. Selain menghasilkan kendaraan penjelajah, kerja sama ini dapat membantu Nissan untuk mengembangkan teknologi e-4ORCE yang terdapat pada SUV listrik Ariya agar menghasilkan kinerja lebih optimal.

Mobil Penjelajah Bulan NissanMobil Penjelajah Bulan Nissan Foto: Dok. Nissan

"Dengan melakukan penelitian dengan Nissan, yang memiliki keahlian dalam teknologi elektrifikasi, kami berharap dapat menerapkan temuan ini pada pengembangan penjelajah bulan yang mengusung performa tinggi," kata Ikkoh Funaki, selaku Director of the Space Exploration Innovation Hub Center JAXA.

Tak hanya Nissan, sebelumnya sudah ada berbagai produsen otomotif yang membangun kendaraan penjelajah bulan. Seperti Toyota, pabrikan asal Jepang itu membuat mobil penjelajah bulan bernama Lunar Cruiser hasil kerja sama dengan JAXA.

Selain itu, Hyundai yang merilis kendaraan konsep penjelajah bulan bernama Tiger. Mobil ini disebut sebagai kendaraan mobilitas tanpa awak pertama milik pabrikan asal Korea Selatan tersebut.

Tidak mau kalah, Honda juga tengah menciptakan sebuah kendaraan penjelajah bulan hasil kerja sama dengan JAXA. General Motors (GM) juga ikut mengembangkan mobil baru penjelajah bulan yang rencananya bakal digunakan oleh NASA selama misi Artemis.



Simak Video "Kode Keras! Nissan Siap Bawa Mobil Listrik Murah ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/mhg)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT