Suzuki Alto Meluncur di Jepang, Mobil Imut yang Lebih 'Hijau'

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 02 Des 2021 15:50 WIB
Suzuki Alto Generasi Sembilan di Jepang
Suzuki Alto. Foto: Dok. Suzuki
Jakarta -

Suzuki Jepang meluncurkan mobil mungil atau kei car Suzuki Alto generasi kesembilan. Kei car terbaru Suzuki ini menampilkan desain yang lebih segar dan lebih 'hijau' alias ramah lingkungan karena punya sistem mild hybrid.

Suzuki Alto terbaru mempertahankan bentuk kotaknya yang imut. Desainnya lebih bulat dari model sebelumnya. Lampu depan kini berbentuk trapesium.

Suzuki Alto generasi kesembilan menghilangkan grille empat batang dan menggantinya dengan bukaan kecil di bawah logo Suzuki yang disertai krom kecil. Intake bagian bawah dipasang pada bagian bumper depan yang menampilkan elemen berbentuk persegi panjang sewarna bodi.

Di bagian samping, fender dibuat lebih rapi agar tampak lebih rata, sementara bagian bawah pintu terdapat seperti punuk kecil.

Transformasi berlanjut di bagian belakang, karena bumper meniru tampilan "cekung" persegi panjang yang terlihat di bagian depan. Lampu belakang sekarang diposisikan di tempat yang lebih konvensional daripada posisi rendah pada model generasi kedelapan.

Suzuki Alto Generasi Sembilan di JepangSuzuki Alto Generasi Sembilan di Jepang Foto: Dok. Suzuki

Interior Suzuki Alto juga mengalami revisi yang cukup signifikan. Perubahan mencolok terlihat pada dasbor dengan sentuhan warna kontras. Suzuki juga telah memberikan Alto setir baru dan panel instrumen cluster yang lebih bergaya.

Suzuki Alto Generasi Sembilan di JepangSuzuki Alto Generasi Sembilan di Jepang Foto: Dok. Suzuki

Tata letak secara umum tidak jauh berbeda dari model sebelumnya. Ventilasi AC bulat ditempatkan di sudut, sedangkan sistem infotainment diapit oleh ventilasi udara persegi panjang di tengah.

Suzuki belum memberikan rincian soal mesin penggerak. Namun, sepertinya Suzuki Alto akan ditenagai mesin bensin tiga silinder 660 cc sesuai regulasi kei car di Jepang. Yang baru untuk generasi kesembilan adalah adopsi sistem mild hybrid yang terdiri dari generator starter terintegrasi (ISG) dan baterai lithium-ion kecil.

Suzuki Alto juga mendapatkan fitur safety dan sistem bantuan pengemudi. Fitur-fitur itu di antaranya autonomous emergency braking, high-beam assist dan lane departure warning.



Simak Video "Irit Banget! Skutik Baru Suzuki Ini Tembus 100 km/liter"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)