Mitsubishi Sebut Mobil Listrik yang Dijajal Jokowi Lebih Cocok buat Indonesia

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 24 Nov 2021 15:42 WIB
Saat mengunjungi pameran GIIAS 2021, Jokowi sempat menjajal mobil listrik Mitsubishi yang belum dijual untuk umum, yaitu Mitsubishi Minicab-MiEV. Begini momennya.
Jokowi Jajal Mobil Listrik Minicab-MiEV. Foto: Setpres.
Tangerang -

Mitsubishi membawa mobil listrik komersial Mitsubishi Minicab MiEV ke Indonesia. Meski belum dijual secara resmi, mobil listrik komersial itu sudah dijajal oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pekan lalu di GIIAS 2021.

Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengatakan, alasan membawa kendaraan komersial bertenaga listrik adalah karena jenis kendaraan itu dianggap lebih cocok untuk pasar Indonesia.

Mii bilang, mobil listrik saat ini masih memiliki batasan, terutama batasan jangkauan jarak. Memang teknologi berkembang menjadi lebih baik, tapi untuk saat ini, kata Mii, kendaraan listrik memiliki batasan daya jangkau. Karenanya, dia menganggap kendaraan komersial ini lebih cocok untuk menjawab tantangan terbatasnya jangkauan jarak tersebut.

"Kami membawa kendaraan listrik komersial karena beberapa industri komersial memiliki pola penggunaan kendaraan, 100 km per hari, 120 km per hari. Jadi bisnis komersial lebih cocok untuk kendaraan listrik. Tentu saja kendaraan penumpang penting juga, tapi mungkin untuk tahap pertama kendaraan komersial kami pikir lebih cocok," kata Mii kepada wartawan di ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 di Gedung Manajemen ORPPT-BRIN Kawasan Puspitek Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (24/11/2021).

Sementara itu, Head of PR & CSR Dept Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Aditya Wardani, merasa bangga mobil listrik komersial Mitsubishi Minicab MiEV sempat dijajal Jokowi. Dia bilang, ini menambah kepercayaan diri Mitsubishi untuk mengembangkan kendaraan listrik di Indonesia.

"Ini makin menambah percaya diri kita, kemudian ingin lebih menunjukkan komitmen Mitsubishi untuk lebih bisa membantu pemerintah mengakselerasi elektrifikasi kendaraan. Mudah-mudahan di tahun depan commercial vehicle seperti ini sudah bisa ditunjukkan hasil studinya," ucap Adit.

Pamer Mobil Listrik dan PHEV di IEMS 2021

Mitsubishi Pamer Mobil Listrik di IEMS 2021Mitsubishi Pamer Mobil Listrik di IEMS 2021 Foto: Dok. MMKSI

Pada IEMS 2021, MMKSI menghadirkan dua unit kendaraan elektrifikasi yaitu Mitsubishi Outlander PHEV dan Mitsubishi Minicab MiEV. Tak hanya unit display, MMKSI juga menyediakan 1 unit Outlander PHEV dan 1 unit Minicab MiEV sebagai unit test drive, yang dapat digunakan peserta dan pengunjung pameran.

"Partisipasi MMKSI dalam ajang kendaraan Listrik IEMS 2021 merupakan salah satu wujud komitmen berkelanjutan kami dalam mendukung pemerintah Indonesia dalam membangun lingkungan pendukung kendaraan listrik, di mana kami selalu mendukung dan berkontribusi pada tiap fase era kendaraan listrik di Indonesia. Mitsubishi Motors memiliki strategi kedepan mengenai mobil listrik, di mana di dalamnya terdapat hybrid electric vehicle, plug-in hybrid electric vehicle, hingga battery electric vehicle. Kami berupaya mencari yang terbaik dengan mengkombinasikan ketiganya dan akan melakukan yang terbaik dalam membuat strategi xEV di Indonesia. Kami percaya inisiatif pemerintah dengan pemberian insentif untuk mobil listrik merupakan langkah untuk mempercepat transisi pemanfaatan kendaraan listrik ke skala yang lebih luas dan menekan emisi gas buang di Indonesia.," ungkap Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI.

Lanjut halaman berikut: Mitsubishi Studi Mobil Listrik yang Dijajal Jokowi >>>