GIIAS 2021

Belum Dijual untuk Umum, Mobil Listrik Ini Dijajal Duluan oleh Jokowi

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Rabu, 17 Nov 2021 14:55 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak cuma berkeliling dan melihat-lihat isi pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Sebelum melanjutkan aktivitasnya dan pergi dari GIIAS 2021, Jokowi menyempatkan diri untuk menjajal mobil listrik Mitsubishi yang belum dijual untuk umum, yaitu Mitsubishi Minicab-MiEV.

Pada sesi test drive yang singkat ini, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Tanpa suara, Jokowi langsung membawa mobil listrik bergaya van ini di area pintu keluar Hall 5 ICE BSD City.

Mobil van mungil berkelir putih dengan tampilan minimalis ini diklaim mampu memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat, terutama bagi perusahaan yang bergerak di bidang logistik.

Pemilihan mobil listrik untuk dites oleh Presiden Jokowi di GIIAS kali ini sejalan dengan rencana pemerintah untuk mendorong penggunaan kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

"Kemudian yang kedua tadi, saya menyampaikan mengenai pentingnya dibangun ekosistem untuk mobil yang ramah terhadap lingkungan, mobil yang rendah emisinya. Oleh sebab itu kita juga mendorong untuk produksi mobil listrik, produksi mobil hybrid, tetapi sekali lagi yang semuanya harus ramah lingkungan," papar Jokowi pada sesi konferensi pers di GIIAS 2021 pada Rabu (17/11/21) ini.

Tentang mobilnya, Mitsubishi Minicab-MiEV ini adalah mobil yang sudah dipamerkan sejak 2011 silam di Tokyo Motor Show. Namun hingga saat ini, Mitsubishi belum menjual mobil ini di Indonesia.

"Saat ini Minicab MiEV belum untuk dijual. Masih jalani tahap uji coba akan tetapi uji coba itu akan jadi pertimbangan apakah jadi dijual atau tidak," ungkap Hikaru Mii selaku Director of Product Strategy Division PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia pada Selasa (16/11/21).

Menurut Hikaru, hadirnya Minicab MiEV di Indonesia sangat cocok untuk digunakan masyarakat. Dirinya mengklaim jika kendaraan komersial listrik itu punya jarak tempuh yang cukup jauh dan sudah ada polanya.

Namun, Hikaru menyebut sampai saat ini Minicab MiEV belum dijual di Indonesia, lantaran Mitsubishi masih perlu melakukan sejumlah survei kepada konsumen dan penelitian lebih lanjut.

(mhg/rgr)