GIIAS 2021

Dicoba Jokowi, Ini Spesifikasi Mobil Listrik Mitsubishi Minicab MiEV

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 18 Nov 2021 12:00 WIB
Jakarta -

Presiden Jokowi (Joko Widodo) mencoba mobil listrik Mitsubishi Minicab MiEV dalam kunjungannya ke arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, kemarin (18/11). Mobil listrik itu memang sudah diperkenalkan Mitsubishi sejak hari perdana penyelenggaraan GIIAS 2021. Seperti apa spesifikasi Mitsubishi Minicab MiEV ini?

Merujuk pada data spesifikasi Minicab MiEV yang ditampilkan di booth Mitsubishi di GIIAS 2021, mobil listrik ini ditenagai baterai berkapasitas 16,0 kWh. Sementara untuk jarak tempuhnya bisa mencapai 150 km (JC08).

Mitsubishi Minicab MiEV bisa dicas menggunakan dua metode pengisian baterai, regular charging (type 1) dan quick charging (CHAdeMO). Lanjut bicara mengenai performanya, mobil ini ditenagai motor listrik yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 30 kW (41 PS) serta torsi puncak 196 Nm.

Mitsubishi Minicab MiEVMitsubishi Minicab MiEV Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Mobil listrik ini memiliki radius putar 4,3 meter. Sedangkan kapasitas kabinnya bisa menampung 4 tempat duduk yang bisa disetel jadi 4 tempat duduk. Cukup disayangkan, kursi baris kedua tidak memiliki sandaran kepala.

Soal keamanan, kendati mobil ini ditujukan untuk kendaraan niaga, fitur-fitur safety-nya sudah cukup mumpuni. Ada dual airbags di kursi baris depan. Kemudian juga ada traction control untuk mencegah ban selip. Oh iya, Mitsubishi Minicab MiEV juga sudah dibekali AC lho.

Pertanyaannya, apakah Mitsubishi akan menjual Minicab MiEV ini di Indonesia?

Dijelaskan Director of Product Strategy Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Hikaru Mii, untuk saat ini kehadiran mobil listrik di Indonesia masih dalam pertimbangan. Rencananya, pabrikan asal Jepang tersebut juga akan membawa kendaraan lain seperti hybrid dan PHEV.

Mitsubishi Minicab MiEVMitsubishi Minicab MiEV Foto: Luthfi Anshori/detikOto

"Kami sangat ingin mendukung kebijakan pemerintah untuk kepedulian pada lingkungan dengan menghadirkan kendaraan ramah lingkungan. Kami punya strategi XEV Strategy yang mana termasuk Hybrid, PHEV, dan BEV. Kami berupaya mencari yang terbaik dengan melakukan kombinasi antara ketiganya," kata Hikaru Mii dalam konferensi pers virtual, belum lama ini.

Menurut Hikaru, hadirnya Minicab MiEV di Indonesia sangat cocok untuk digunakan masyarakat. Dirinya mengklaim jika kendaraan komersial listrik itu punya jarak tempuh yang cukup jauh dan sudah ada polanya.

Namun, Hikaru menyebut jika sampai saat ini Minicab MiEV belum akan dijual di Indonesia. Mitsubishi perlu melakukan sejumlah survei kepada konsumen dan penelitian lebih lanjut.

"Saat ini Minicab MiEV belum untuk dijual. Masih jalani tahap uji coba akan tetapi uji coba itu akan jadi pertimbangan apakah jadi dijual atau tidak," ungkapnya.

Mitsubishi Minicab MiEVMitsubishi Minicab MiEV Foto: Luthfi Anshori/detikOto
(lua/din)