GIIAS 2021

Pesan Jokowi buat Pabrikan Mobil Jepang, Indonesia Prioritaskan EV

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 17 Nov 2021 15:50 WIB
Jokowi di GIIAS 2021
Presiden Jokowi mengunjungi GIIAS 2021 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Presiden Joko Widodo menyambangi Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, Rabu (17/11/2021). Saat meninjau, Jokowi sempat berbincang dengan para bos-bos pabrikan Jepang. Presiden mendorong kepada pabrikan agar memproduksi mobil yang ramah lingkungan.

"Tadi saya menyampaikan mengenai pentingnya dibangun ekosistem untuk mobil yang ramah terhadap lingkungan, mobil yang rendah emisinya. Oleh sebab itu kita juga mendorong untuk produksi mobil listrik, produksi mobil hybrid, tetapi jadi yang semuanya harus ramah lingkungan," ujar Jokowi saat di GIIAS 2021, Rabu (17/11/2021).

"Dan tadi kita sudah ketemu dengan para CEO, dan saya sampaikan apa yang menjadi poin-poin kita dan apa yang harus kita lakukan bersama-sama untuk masa yang akan datang," tambah dia.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang yang mendampingi Presiden saat kunjungan GIIAS 2021 bilang ada beberapa pesan yang disampaikan khususnya kepada pabrikan Jepang. Pemerintah memberikan ruang kepada produsen untuk menghasilkan mobil jenis apapun tetapi Indonesia lebih memprioritaskan electric vehicles berbasis baterai.

"Challenge-nya adalah yang disampaikan bapak Presiden kepada CEO dari Jepang. Tentu pemerintah akan memberikan kesempatan atau ruang sebesar-besarnya bagi para produsen, baik itu yang menggunakan teknologi ICE (internal combustion engine), baik itu yang menggunakan teknologi elektrik macam-macam ada hybrid, plug in, full ev, maupun yang sekarang sudah ada, teknologi yang berbasis hidrogen," kata Agus.

"Kita percaya di semua teknologi ini dia mengarah teknologi yang ramah lingkungan, catatannya Indonesia memprioritaskan EV," tambah dia.

"Kita punya sumber raw material yang banyak, nikel cobalt, dan lain sebagainya itu ada di Indonesia, sehingga sayang kalau kita tidak menggunakan hilirisasi sampai ke baterai," jelas Agus.

Simak video 'Momen Jokowi Jajal Mobil Listrik Mitsubishi di GIIAS 2021':

[Gambas:Video 20detik]



(riar/rgr)