Beli Suzuki Jimny di GIIAS 2021, Datangnya Paling Cepat Enam Bulan

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Kamis, 18 Nov 2021 18:37 WIB
Suzuki Jimny di GIIAS 2021
Penampakan Suzuki Jimny yang sedang dilihat pengunjung di GIIAS 2021 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Suzuki Jimny jadi primadona booth Suzuki pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang digelar di ICE BSD City, Tangerang. Namun calon pembelinya di GIIAS 2021 harus bersabar, karena mobil ini masih inden dan paling cepat barang datang enam bulan dari pemesanan.

Salah satu wiraniaga yang ditemui oleh detikOto pada booth Suzuki di GIIAS 2021 mengatakan bahwa antusiasme pengunjung untuk melihat Suzuki Jimny sangatlah tinggi, namun sayang saat ini ketersediaan barangnya masih sangat langka di Indonesia. Menurutnya, paling cepat barang datang bisa jadi enam bulan dari pemesanan.

"Gak bisa dipastikan sih mas (kapan barang datang)," papar salah satu wiraniaga Suzuki yang enggan disebutkan namanya.

"Itu pun biasanya yang datang ngacak. Misalnya warna hitam dan transmisi manual. Tapi kalau mas-nya pesen warna hijau dan otomatis, kalau mau ambil ya bisa. Tapi kalau tetap mau sesuai pesanan, ya berarti harus nunggu lagi," lanjutnya.

Namun Suzuki tetap membuka keran pemesanan Jimny. Menurut wiraniaga yang kami temui, pemesan harus membayarkan biaya pemesanan atau tanda jadi minimal Rp 20 juta.

"Tapi nanti misalkan batal, tanda jadi bisa dikembalikan full," papar wiraniaga yang kami wawancara.

Untuk harganya, wiraniaga yang kami wawancara enggan memberikan harga pasti atau harga on the road dari Suzuki Jimny. Mereka memilih memberi tahu harga estimasi, di kisaran Rp 400 hingga Rp 500 jutaan, lantaran harga pada saat pemesanan dan saat barang tiba bisa saja berubah.

Estimasi inden saat ini sebenarnya sudah lebih cepat dari sebelumnya. Pada pemberitaan detikOto bulan Juni 2021, salah satu dealer Suzuki di Jakarta mengatakan inden Suzuki Jimny bisa satu sampai dua tahun lamanya.

"Masih bisa (pesan Jimny). (Tapi) terakhir infonya, inden 1-2 tahun," kata wiraniaga yang juga enggan disebutkan namanya kepada detikOto pada Jumat (25/6/2021).

Suzuki sendiri masih mencantumkan harga resmi Jimny di kanal resminya. Dari pantauan detikOto per Juni hingga pertengahan November 2021 ini masih belum ada perubahan harga. Berikut selengkapnya:

1. Jimny MT (Single Tone): Rp 395.500.000
2. Jimny AT (Single Tone): Rp 408.000.000
3. Jimny MT (Two Tone): Rp 398.500.000
4. Jimny AT (Two Tone): Rp 411.000.000.



Simak Video " Jimny Versi Murah Rilis, Suzuki Jimny Lite"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)