GIIAS 2021

Identik dengan SUV, Kenapa MG Bawa Mobil Sedan ke Indonesia?

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 16 Nov 2021 16:53 WIB
MG 5 GT
MG 5 GT. Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Morris Garage (MG) langsung membuat kejutan di keikutsertaan perdananya di pameran Gaikindo Indonesia International Autoshow (GIIAS) 2021, ICE, BSD City, Tangerang, Banten. Selain membawa mobil listrik dengan konsep wagon, MG juga membawa sedan MG 5 GT yang memiliki tampilan sporty seperti mobil-mobil sport keluaran Eropa. Padahal sebelumnya MG identik dengan mobil SUV. Lalu apa alasan mereka membawa mobil sedan itu?

Dijelaskan Sales & Network Director MG Motor Indonesia, Rendi Radito, MG memiliki keterkaitan erat dan tradisi kuat dengan model sedan di masa lalu. Karena alasan itu, mereka berani membawa model sedan MG 5 GT ke Indonesia, kendati branding yang mereka lakukan sejak awal adalah mobil SUV.

MG 5 GTMG 5 GT Foto: Luthfi Anshori/detikOto

"Kalau kita lihat sejarah panjang MG, kita pernah berhasil dengan sedan, kita punya tradisi kuat, dan cukup banyak penjualan MG yang mencetak sejarah dengan sedannya," buka Rendi kepada wartawan di The Breeze, BSD City, Tangerang, Selasa (16/11/2021).

Lanjut Rendi menambahkan, pasar sedan di Indonesia diprediksi akan berkembang. Karena pemerintah bakal menerapkan kebijakan pajak mobil baru, berdasarkan gas emisi, sehingga harga sedan bisa lebih terjangkau.

MG 5 GTMG 5 GT Foto: Luthfi Anshori/detikOto

"Pasar sedan di Indonesia, walaupun saat ini mungkin tidak seseksi MPV maupun SUV, tetap merupakan pasar yang potensial. Terutama saat ini kita tahu sama-sama bahwa pemerintah memberlakukan satu kebijakan pajak yang tidak hanya semata-mata memihak jenis kendaraan, tapi juga dari emisi gas buang. Sehingga kondisi ini sangat mendukung price positioning sedan, yang tadinya mungkin lebih mahal, saat ini bisa sangat mungkin terjangkau," sambung Rendi.

"Kami dari MG melihat bahwa pasar sedan akan kembali berkembang, sehingga ini merupakan suatu kesempatan yang bagus bagi MG untuk masuk ke pasar sedan. Kita selama ini identik dengan SUV, namun kembali, MG hadir dengan desain dan teknologi. Itu salah satu advantage point kita di MG, sehingga kami sangat confidence bahwa untuk sedan pun, kami juga bisa me-represent desain dan teknologi dalam sebuah sedan, salah satunya adalah MG 5 GT," bilang Rendi.

(lua/lth)