Hyundai Bakal Tambah Kapasitas Baterai Ioniq 5, Jarak Tempuh Tembus 500 Km

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Jumat, 05 Nov 2021 18:49 WIB
Hyundai Ioniq 5
Hyundai Ioniq 5 (Hyundai Motor Co)
Jakarta -

Hyundai dikabarkan tengah melakukan sejumlah pembaruan terhadap mobil listrik andalannya, Ioniq 5. Salah satunya adalah peningkatan kapasitas baterai sehingga mobil bisa menempuh jarak lebih jauh.

Dikutip dari Carscoops, Hyundau tengah bersiap untuk menghadirkan Ioniq 5 dengan kapasitas baterai yang ditingkatkan. Padahal, mobil listrik tersebut baru saja dirilis oleh Hyundai kurang dari setahun.

Kabarnya, Ioniq 5 terbaru akan mengintegrasikan dua modul baterai tambahan menjadi 32 modul di mana masing-masing memiliki tenaga 2,4. Sebagai pembanding Ioniq 5 saat ini memiliki 30 modul dalam baterainya.

Upgrade tersebut akan bisa meningkatkan kapasitas baterai mobil yang awalnya 72,6 kWhmenjadi 77,4 kWh.

Tentu, kapasitas baterai mobil yang diperbesar membuat jarak tempuh Ioniq 5 bertambah. Awalnya, mobil EV tersebut mampu menempuh jarak sejauh 423 km, kini Ioniq 5 dikabarkan bisa menjangkau jarak 480 sampai 490 km dalam sekali pengisian daya baterai.

Tidak hanya kapasitas baterai, produsen otomotif asal Korea Selatan ini juga melakukan pembaruan pada perangkat lunaknya melalui Over the Air (OTA). Pembaruan ini akan meningkatkan kinerja mobil saat digunakan, serta memberikan lebih banyak informasi penting yang dapat terhubung lewat smartphone.

Hyundai Ioniq 5Hyundai Ioniq 5 Foto: Arsip Hyundai Motor Co

Hyundai menggunakan platform Electric Global Modular Platform (E-GMP) untuk membangun mobil listrik. Salah satu produk yang sudah dibangun di atas E-GMP adalah Hyundai Ioniq 5.

Platform E-GMP ini diciptakan Hyundai Motor Group untuk mengusung 23 model kendaraan listrik baru hingga tahun 2025. Dari platform ini ditargetkan bisa diproduksi 1 juta unit kendaraan listrik.

Ioniq 5 Akan Hadir di Indonesia?

Hyundai Ioniq 5 sempat hadir dalam acara The Future Electric Vehicle Ecosystem for Indonesia yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Apakah mobil ini bakal rilis dan diproduksi di Indonesia?

Seperti diketahui Menteri Perindustrian memberikan apresiasi kepada PT. Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) yang akan menjadi perusahaan industri otomotif pertama di Indonesia yang melakukan proses produksi kendaraan listrik pada Maret 2022. Pada tahap awal, HMMI akan memproduksi 1.000 unit kendaraan listrik per tahun.

Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur belum menjelaskan secara detail model apa saja yang akan diproduksi di pabrik Hyundai pada 2022 mendatang.

Hyundai Ioniq 5Hyundai Ioniq 5 Foto: Arsip Hyundai Motor Co

"Kita punya roadmap, cuman kalau ditanya kapan siapnya nanti kita akan kirim undangan secara resminya. Pemerintah punya roadmap, kita juga punya roadmap yang sudah kita siapkan," kata Makmur beberapa waktu lalu.

"Tunggu tanggal mainnya," ujarnya saat disinggung soal model apa yang diproduksi Hyundai di Indonesia.



Simak Video "Hyundai Pamer Mobil Listrik Ioniq 5 di Jakarta, Kapan Dijualnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)