Diboyong ke Pameran Jadi Sinyal Hyundai Ioniq 5 Bakal Diproduksi di Indonesia?

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 26 Okt 2021 19:50 WIB
Hyundai Ioniq 5
Hyundai Ioniq 5 Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

Hyundai Ioniq 5 mejeng dalam acara The Future Electric Vehicle Ecosystem for Indonesia yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Apakah mobil ini bakal rilis dan diproduksi di Indonesia?

Seperti diketahui Menteri Perindustrian memberikan apresiasi kepada PT. Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) yang akan menjadi perusahaan industri otomotif pertama di Indonesia yang melakukan proses produksi kendaraan listrik pada Maret 2022. Pada tahap awal, HMMI akan memproduksi 1.000 unit kendaraan listrik per tahun.

Hyundai Ioniq 5, Kona Electric, dan Electrified Genesis G80 mejeng dalam halaman Grand Ballroom, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Seperti diketahui Kona Electric saat ini sudah dijual di Indonesia, sedangkan Genesis G80 baru saja digunakan sebagai kendaraan resmi VIP KTT G20 Bali. Bagaimana dengan Ioniq 5?

Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur belum menjelaskan secara detail model apa saja yang bakal diproduksi di pabrik Hyundai yang mulai ngebul pada 2022.

Hyundai Ioniq 5Hyundai Ioniq 5 Foto: Ridwan Arifin

"Kita punya roadmap, cuman kalau ditanya kapan siapnya nanti kita akan kirim undangan secara resminya. Pemerintah punya roadmap, kita juga punya roadmap yang sudah kita siapkan," kata Makmur saat ditemui di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (26/10/2021).

"Untuk modelnya juga pasti sama aja. Kita urusin satu-satu," tambah Makmur.

Hyundai bakal menggunakan platform Electric Global Modular Platform (E-GMP) untuk membangun mobil listrik. Salah satu produk yang sudah dibangun di atas E-GMP adalah Hyundai Ioniq 5,

Platform E-GMP ini diciptakan Hyundai Motor Group yang direncanakan bakal digunakan pada 23 model kendaraan listrik baru pada tahun 2025, dan akan memasok lebih dari 1 juta unit kendaraan listrik.

"Tunggu tanggal mainnya," kata Makmur saat disinggung model yang bakal Hyundai produksi di Indonesia



Simak Video "Punya Pabrik di RI, Harga Mobil Listrik Hyundai Bakal Lebih Murah?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)