ADVERTISEMENT

Jokowi Tiba di Abu Dhabi, Ini Mobil yang Bakal Dipakai

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 03 Nov 2021 11:22 WIB
Mobil Mercedes-Benz yang Dipakai Jokowi di Abu Dhabi
Mercedes-Benz S600 Guard yang Dipakai Jokowi di Abu Dhabi. Foto: Youtube Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab (PEA) pada Selasa, 2 November 2021 malam waktu setempat. Ini merupakan negara ketiga yang dikunjungi Jokowi dalam rangkaian lawatan ke luar negeri setelah Italia dan Skotlandia.

Jokowi menempuh penerbangan tujuh jam lebih dari Glasgow, Skotlandia. Pesawat GIA-1 yang ditumpangi Presiden mendarat di Terminal Kepresidenan Bandara Internasional Abu Dhabi sekitar pukul 22.50 waktu setempat (WS) atau Rabu, 3 November 2021 pukul 01.50 WIB.

"Saya tiba di Bandara Internasional Abu Dhabi tengah malam tadi dan disambut Menteri Energi PEA Suhail Al Mazroui di bawah tangga pesawat. Hari ini, saya akan bertemu dengan Putra Mahkota Sheikh Mohammed bin Zayed, dan menghadiri pertemuan bisnis dengan pengusaha-pengusaha terkemuka PEA," tulis Jokowi di Instagramnya.

Sebelum meninggalkan bandara, Presiden Jokowi berbincang-bincang dengan Menteri Energi PEA Suhail Al Mazroui didampingi Duta Besar Republik Indonesia untuk PEA Husin Bagis di Ruang Majlis. Selanjutnya, Presiden Jokowi bersama rombongan meninggalkan Bandar Udara Internasional Abu Dhabi menuju hotel tempat menginap selama berada di Abu Dhabi. Dalam video yang diunggah YouTube Sekretariat Presiden, sekilas diperlihatkan mobil yang dipakai Jokowi meninggalkan bandara. Mobil itu adalah sebuah Mercedes-Benz S-Class.

Mercy S-Class ini bukan 'barang' baru bagi Jokowi. Di Indonesia, Jokowi sudah terbiasa menggunakan Mercedes-Benz S-Class. Adapun Mercy S-Class yang dipakai Jokowi adalah Mercedes-Benz S600 Guard. Mobil ini merupakan kendaraan yang dirancang super aman sebagai kendaraan kepresidenan.

Mobil ini merupakan salah satu model flagship Mercedes-Benz. S600 Guard dibekali beragam teknologi terbaik. Begitu juga soal performa dan dinamika berkendaranya.

Salah satu fitur terbaik dari Mercedes-Benz S 600 adalah Pre-Safe System untuk membuat kalangan VIP di dalamnya tetap aman. Sistem itu disebut untuk melindungi penghuni mobil jika terjadi kecelakaan.

Mercedes-Benz memang sengaja membuat S 600 Guard sebagai kendaraan khusus yang dirancang dengan tingkat keselamatan dan keamanan tinggi. Sebagai mobil petinggi negara, Mercedes-Benz S 600 Guard dibuat antipeluru. Mobil ini juga memiliki lantai antipeluru untuk melindungi penghuninya dari ledakan bom.

Di seluruh bagian mobil dilapisi bahan antipeluru. Selain itu adanya run-flat tyre memungkinkan mobil masih bisa melaju meski ban dalam kondisi kempis. Untuk mencegah ledakan, tangki bahan bakar juga dibuat antipeluru dan memiliki sistem pemadaman api.

Dari sisi keamanan, kendaraan ini sudah mendapatkan sertifikat VR 10 yang menjadi standar kendaraan dengan tingkat keamanan tertinggi untuk kendaraan non-militer.

Dari sektor dapur pacu, sopir bisa ngebut berkat mesin V12 berdaya 530 daya kuda yang dipasang di mobil. Mesin ini sanggup membawa mobil melaju sampai kecepatan maksimum 210 km per jam.

Sementara itu, kegiatan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi utamanya untuk memperkuat kerja sama terutama dalam bidang perdagangan dan investasi.



Simak Video "Kapolri ke Jajaran: Presiden Perintahkan Hukum Harus Adil, Laksanakan!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT