Ini Mobil Italia yang Dipakai Jokowi di KTT G20

Tim detikcom - detikOto
Senin, 01 Nov 2021 11:59 WIB
Mobil yang Ditumpangi Jokowi di KTT G20 Roma
Mobil yang Ditumpangi Jokowi di KTT G20 Roma. Foto: Youtube Sekretariat Presiden.
Roma -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri KTT G20 di Roma, Italia, pada 30-31 Oktober 2021. Selama menghadiri KTT G20 di Roma, Jokowi menumpangi salah satu mobil mewah asal Italia, yaitu sebuah SUV Alfa Romeo. SUV yang digunakan Jokowi itu adalah Alfa Romeo Stelvio.

Dalam tayangan video yang diunggah YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi dijadwalkan bertolak ke Glasgow dari Roma. Jokowi menuju Glasgow untuk menghadiri KTT COP26.

[Gambas:Youtube]



Sebelum naik ke pesawat, Jokowi diantarkan dengan rangkaian beberapa kendaraan. Tampak Jokowi turun dari mobil Alfa Romeo Stelvio. Mobil tersebut telah dilengkapi dengan bendera Merah Putih di bagian kap mesinnya.

Alfa Romeo Stelvio yang ditumpangi Jokowi selama di Roma ini menggunakan mesin bensin 2.000 cc 4 silinder segaris. Tenaga dari mesin itu mencapai 280 daya kuda pada 5.200 rpm dengan torsi maksimal 414 Nm pada 2.000 rpm.

Mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis 8 percepatan. Tenaga dari mesin disalurkan ke semua roda dengan penggerak all wheel drive.

Akselerasi dari posisi diam hingga kecepatan 96 km/jam bisa dituntaskan hanya dalam 5,5 detik. Kecepatan tertingginya mencapai 231 km/jam.

Mobil ini dibekali beberapa fitur seperti cruise control, electric power steering, sensor parkir, kunci keyless, kamera parkir, setir tilt and telescopic, hingga Universal Remote Transmitter untuk sistem keamanan dan pintu garasi. Mobil ini memiliki kapasitas tempat duduk 5 orang.

Fitur-fitur canggih pencegah kecelakaan juga tersedia untuk Alfa Romeo Stelvio. Di antaranya ada Forward Collision Warning with Full Stop untuk mencegah tabrakan depan, Lane Keep Assist untuk membuat mobil tetap di lajurnya, Blind Spot Assist untuk menginformasikan objek di sekitar mobil yang tak terlihat, Intelligent Speed Control untuk mengatur kecepatan mobil, highway and traffic jam assist untuk membantu pengemudi di jalan tol dan kemacetan, serta driver attention alert untuk menginformasikan sopir agar segera beristirahat.

Di Italia, Alfa Romeo Stelvio dijual dengan harga 40.592 euro atau setara dengan Rp 666,9 juta.



Simak Video "Jokowi Minta Polri Kawal Pembangunan IKN hingga Pemilu 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)