Tesla Recall Ribuan Unit Model 3 dan Y karena Masalah Suspensi

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 30 Okt 2021 14:37 WIB
Prestige Motorcars kembali memperkenalkan line up kendaraan ramah lingkungannya. Kali ini mobil yang dibawa oleh importir umum tersebut adalah Tesla Model 3.
Ilustrasi Tesla Model 3 Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Produsen otomotif Tesla akan melakukan penarikan kembali terhadap ribuan unit Model 3 dan Model Y. Hal ini disebabkan adanya kerusakan pada bagian suspensi depan.

Dilansir dari Carscoops, Tesla mengatakan bakal melakukan recall sebanyak 2.822 unit mobil di Amerika Serikat. Sejumlah kendaraan yang ditarik kembali meliputi Model 3 produksi tahun 2019 sampai 2021 serta Model Y tahun produksi 2020 hingga 2021.

Perusahaan melakukan recall untuk kedua tipe mobil tersebut karena ditemukan masalah pada bagian suspensi. Masalah ini melibatkan dua pengencang yang terpasang antara tautan lateral suspensi depan dengan sub rangka kendaraan.

Hasil investigasi dari Badan Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA), menemukan bahwa pengencang pada beberapa kendaraan di Model 3 dan Model Y bisa mengendur seiring pemakaian. Faktor ini disebabkan karena tidak dipasang dengan benar.

Apabila kaitan terus longgar atau terpisah dari sub rangka, hal ini menyebabkan tautan lateral bisa terlepas dari sub rangka. Alhasil, penyelarasan roda dapat bergeser dan menyebabkan kemudi tidak stabil sehingga berisiko terjadinya kecelakaan.

Dokumen investigasi juga menunjukan bahwa pengikat yang longgar dapat menimbulkan suara menjadi tidak normal. Cara ini dapat mengingatkan kepada pemilik mobil jika terdapat masalah pada komponen kendaraannya.

n di IndonesiaJakarta - Prestige Motorcars kembali memperkenalkan line up kendaraan ramah lingkungannya. Kali mobil yang dibawa oleh importir umum tersebut adalah Tesla Model 3. Model 3 adalah varian paling terjangkau dari lini Tesla yang ada saat ini.Ilustrasi Prestige Motorcars kembali memperkenalkan line up kendaraan ramah lingkungannya. Kali mobil yang dibawa oleh importir umum tersebut adalah Tesla Model 3. Model 3 adalah varian paling terjangkau dari lini Tesla yang ada saat ini. Foto: Luthfi Anshori

Rencananya, produsen kendaraan listrik asal Amerika Serikat ini bakal memeriksa semua kendaraan yang diprediksi telah mengalami kerusakan pada suspensi. Jika benar ditemukan adanya kerusakan dan cacat produksi, maka Tesla akan segera mengganti komponen yang rusak.

Demi mengantisipasi masalah ini terus terjadi, Tesla sudah memiliki alat tambahan multi spindle. Fungsi alat ini untuk mengencangkan kedua pengencang ke subframe secara bersamaan, sehingga tidak mengalami kerusakan lagi pada produksi kendaraan selanjutnya.

Sampai saat ini belum ada penjelasan lebih lanjut dari Tesla mengenai kapan mobil listrik tersebut harus segera diperbaiki. Namun diprediksi, Tesla akan melakukan recall dalam waktu dekat.



Simak Video "Eks Insinyur Tesla: Harga Mobil Listrik Belum Masuk Akal, Harusnya Setara Avanza"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)