Mengenal Teknologi E-Smart Hybrid yang Kabarnya Bakal Ada di Toyota Avanza Baru

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 27 Okt 2021 12:18 WIB
Harga mobil LCGC atau mobil murah bakal naik karena kena pajak 3%. Meski tak signifikan harga mobil LCGC akan semakin nyerempet dengan Low MPV.
Avanza kabarnya akan disematkan teknologi e-smart hybrid. Apa itu? Foto: Dok detikOto
Jakarta -

Terungkap bahwa Toyota akan menyematkan teknologi hybrid pada Toyota Avanza. Sumber internal Toyota yang tidak disebutkan namanya mengatakan, Toyota Avanza dan Vioz akan dibekali sistem hybrid.

Rumor soal Avanza yang mau disematkan teknologi hybrid diungkapkan media lokal Filipina, Autoindustriya. Kabarnya, Toyota Avanza akan menggunakan teknologi E-Smart Hybrid, teknologi yang mirip seperti Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Hybrid yang akan meluncur di Jepang pada November mendatang.

Sistem e-Smart Hybrid merupakan teknologi yang dikembangkan oleh Daihatsu yang juga digunakan untuk mobil-mobil Toyota. Mobil Daihatsu-Toyota yang akan menggunakan sistem E-Smart Hybrid ini dalam waktu dekat adalah si kembar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Daihatsu Rocky HybridDaihatsu Rocky Hybrid Foto: Dok. Creative311

Sejauh ini memang belum dijelaskan secara resmi oleh Toyota maupun Daihatsu mengenai sistem e-Smart Hybrid ini. Tapi, dilansir media lokal Jepang, Creative311, e-Smart Hybrid ini merupakan teknologi hybrid seri. Maksudnya, sistem hybrid seri adalah hybrid yang menggunakan mesin bensin hanya untuk menghasilkan tenaga listrik untuk disimpan di baterai. Mesin bensin tidak bertugas menggerakkan roda.

Pada sistem hybrid seri, mesin bensin bertugas sebagai generator listrik. Yang menggerakkan roda adalah motor listriknya. Tenaga listrik dihasilkan dari putaran mesin dan pengereman regeneratif. Jadi bisa dikatakan, itu adalah "kendaraan listrik yang dilengkapi dengan mesin sebagai sumber tenaga untuk menghasilkan listrik."

Disebutkan, sistem e-Smart Hybrid itu cocok disematkan untuk mobil-mobil yang menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Avanza terbaru yang meluncur dalam waktu dekat diyakini menggunakan platform DNGA, sehingga bisa saja disematkan teknologi e-Smart Hybrid. Adapun mobil-mobil yang sudah menggunakan platform DNGA antara lain Toyota Raize, Daihatsu Rocky, dan Daihatsu Tanto.

Mengenai waktu peluncuran Avanza hybrid belum diketahui. Mungkin peluncuran Avanza hybrid berbeda dengan Avanza berpenggerak roda depan dan transmisi CVT yang kabarnya diluncurkan bulan depan di Indonesia. Salah satu tenaga penjual di dealer resmi Toyota menyebut, belum ada Avanza hybrid yang diluncurkan tahun ini.



Simak Video "Belum Resmi Meluncur, Avanza Baru Terciduk Sudah Wara-wiri di DKI"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)