Terungkap! Avanza Dibikin Hybrid, Innova-Fortuner Juga Kena 'Setrum'

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 26 Okt 2021 13:49 WIB
Toyota Avanza-Veloz Sebangsa di Medan
Avanza mau dibikin mobil hyrbid. Foto: Rizki Pratama/detikOto
Jakarta -

Bocoran mengenai Toyota Avanza terbaru bermunculan. Bahkan, rumor paling anyar menyebutkan Toyota Avanza akan dibekali teknologi hybrid.

Rumor soal Avanza yang mau disematkan teknologi hybrid diungkapkan media lokal Filipina, Autoindustriya. Kabarnya, Toyota Avanza akan menggunakan teknologi E-Smart Hybrid, teknologi yang mirip seperti Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Hybrid yang akan meluncur di Jepang pada November mendatang.

Sumber di Autoindustriya mengungkapkan Toyota akan memproduksi teknologi E-Smart Hybrid pada Toyota Avanza dan Toyota Vioz. Di Filipina, Avanza memang cukup populer. Avanza yang dijual di Filipina diproduksi di Indonesia.

Mengenai waktu peluncuran Avanza hybrid belum diketahui. Mungkin peluncuran Avanza hybrid berbeda dengan Avanza berpenggerak roda depan dan transmisi CVT yang kabarnya diluncurkan akhir tahun ini di Indonesia.

Sumber internal Toyota yang tak disebutkan namanya itu juga mengatakan informasi bahwa Toyota sedang mengerjakan sistem penggerak hybrid untuk Innova, Fortuner, dan Hilux. Meski, mungkin ada penundaan mengingat masih ada krisis semikonduktor yang mempengaruhi industri otomotif global.

Soal sistem E-Smart Hybrid yang kabarnya disematkan di Avanza, sistem tersebut akan ditanamkan pada Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Perbedaan dibandingkan dengan hybrid seri biasa seperti yang sudah ada pada beberapa mobil Toyota adalah sistem E-Smart Hybrid merupakan hybrid tipe assist. Detailnya memang belum terungkap, tapi mungkin ini semacam sistem hybrid ringan yang memberikan dorongan tambahan oleh penggerak listrik.

Keunggulan dari sistem hybrid adalah konsumsi bahan bakar akan lebih hemat. Konsumsi BBM yang hemat itu selaras dengan emisi yang dikeluarkan semakin sedikit. Tak cuma itu, performa mesin bisa jadi lebih besar berkat bantuan dorongan dari tenaga listrik di sistem hybrid.



Simak Video "Belum Resmi Meluncur, Avanza Baru Terciduk Sudah Wara-wiri di DKI"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)