MPV 'Ngos-ngosan' Lewati Beragam Kondisi Jalan Indonesia? Nggak Juga!

M Luthfi Andika - detikOto
Minggu, 24 Okt 2021 12:12 WIB
Jakarta -

Mobil keluarga Multi Purpose Vehicle (MPV) dinilai kerap ngos-ngosan untuk bisa meladeni kondisi jalanan yang beragam di Indonesia jika dibandingkan dengan mobil jenis lain sebut saja seperti SUV. Benar demikian tidak ya?

4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Dony Saputra, menjelaskan hal itu tidak benar. Karena meski memiliki kapasitas 7 penumpang, yang membuat bobot lebih berat, MPV dinilai sanggup melintasi jalanan di Indonesia.

"Baik MPV maupun SUV 7 seater memiliki karakteristik masing-masing. Ada beberapa kota yang cocok dengan MPV, tapi ada juga yang sesuai dengan SUV 7 seater. Keduanya saling mendukung dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing," kata Dony.

Dony menambahkan Suzuki sendiri masih yakin All New Ertiga merupakan salah satu mobil keluarga terbaik di Indonesia.

"Kami optimistis MPV kami, yaitu All New Ertiga, masih menjadi pilihan konsumen. Untuk me-maintain kondisi ini atau bahkan meningkatkan, kami terus melakukan pengembangan dan inovasi baik dalam hal desain interior dan eksterior, fitur, dan juga promosi," Dony menambahkan.

Sebagai catatan, All New Ertiga masih mengusung mesin K15B yang diklaim memiliki tenaga yang besar irit bahan bakar dengan standar EURO 4. Konsumsi bensin dalam kota mencapai 12,3 km/liter untuk pemakaian kecepatan rata-rata 20 km/jam, dan 17 km/liter di jalan tol dengan penggunaan konstan di 100 km/jam.

Jika menggunakan teknik eco driving, Ertiga transmisi manual mencatatkan angka 25,34 km/liter, sedangkan untuk varian otomatis mencapai 29,34 km/liter. Dan sparepart pendukung atau pengganti mudah dicari, sehingga pilihan MPV All New Ertiga menjadi sangat tepat

(lth/rgr)