All New Ertiga Menjawab Persaingan MPV dan SUV di Indonesia

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 22 Okt 2021 17:59 WIB
Suzuki All New Ertiga dan Suzuki Marine
Suzuki All New Ertiga Foto: Dok. Suzuki
Jakarta -

Mobil Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) di Indonesia memang memiliki tempat istimewa di hati pecinta otomotif Indonesia, terbukti setiap tahunnya penjualan mobil LMPV terbilang tinggi dan masih menjadi rajanya. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan ke depannya takhta MPV bakal tergantikan dengan mobil berjenis SUV (sport Utility Vehicle).

Selain memiliki ground clearance yang lebih tinggi menandakan siap melahap segala medan, SUV punya daya tarik lebih karena tetap menawarkan daya tampung besar yang biasa memuat 7 penumpang. Wajar jika banyak pabrikan mulai serius untuk memperkenalkan atau melakukan upgrade tampilan varian SUV mereka, hal in juga berlaku bagi pabrikan China yang baru mulai memasuki pasar Indonesia kembali.

Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen pemegang merek Suzuki di Indonesia memberi tanggapannya akan peran SUV yang semakin mengancam MPV.

Direktur Marketing 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Dony Saputra menjelaskan kepada detikOto, tidak pernah khawatir dengan kehadiran mobil SUV yang dinilai bisa mematikan MPV.

"MPV saat ini masih menjadi segmen yang paling diminati konsumen. Hal ini sesuai dengan karakter umum masyarakat Indonesia yang menyukai kebersamaan dengan keluarga dan teman, sehingga menjadikan model MPV salah satu model yang menjadi kebanggan kendaraan keluarga. Sedangkan untuk SUV 7 seater, meskipun bisa mengakomodasi 7 penumpang seperti halnya MPV, tapi memiliki segmen konsumen yang sedikit berbeda dengan MPV. Sehingga keduanya saling mendukung, seperti All New Ertiga dan XL7," kata Dony.

Mengawali tahun 2020, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melakukan perubahan minor pada salah satu produk andalannya, yaitu Suzuki All New Ertiga. Yuk lihat.Mengawali tahun 2020, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melakukan perubahan minor pada salah satu produk andalannya, yaitu Suzuki All New Ertiga. Yuk lihat. Foto: dok suzuki

"Baik MPV maupun SUV 7 seater memiliki karakterisitik masing-masing. Ada beberapa kota yang cocok dengan MVP, tp ada juga yang sesuai dengan SUV 7 seater. Untuk itulah, seperti disebutkan di poin sebelumnya, keduanya saling mendukung dan sesuai dengan kebutihan masing-masing," Dony menambahkan.

Dony juga berkeyakinan, hingga kapan pun mobil LMPV akan memiliki penggemarnya sendiri karena memiliki berbagai kelebihan. Dijelaskan Low Multi Purposes Vehicle (LMPV) menawarkan kemampuan kendaraan dalam menampung banyak penumpang. Mobil ini cocok untuk menunjang aktivitas keluarga karena didesain dengan mengutamakan kenyamanan dalam penggunaan sehari-hari.

Selain itu, Dony juga mengatakan LMPV sendiri dapat menampung hingga 7 penumpang ketika berkendara, namun dapat dialihfungsikan sebagai tempat menaruh barang jika tidak sedang membawa 7 penumpang. Karakteristik mobilnya yang luas dan nyaman menjadikan LMPV sebagai salah satu jenis mobil yang digemari masyarakat Indonesia.

"Terlebih berbagai fitur LMPV memenuhi kebutuhan pengendara, seperti Spacious nyaman untuk orang dewasa hingga baris ke-3, fitur keselamatan yang lengkap Dual SRS Airbag, HillHoldControl, ABS+EBD, Electronic Stability Programme dan APAR," kata Dony.

"All New Ertiga mengutamakan kenyamanan berkendara untuk penumpang dan pengendara. Seperti menggunakan sasis monokok sehingga lebih nyaman karena suspensinya yang empuk. Selanjutnya sudah terintegrasi Keyless + push start atau stop button semakin memudahkan pengendara, begitu juga dengan baris kedua sudah dilengkapi dengan row armrest, Ventilated cup holder, bagasi yang besar, head unit 8 inci bisa lebih memanjakan penumpang," Dony menambahkan.

Dony juga meyakini bahwa All New Ertiga memiliki efisiensi bahan bakar terbaik berkat pemilihan mesin K15B.

"Mesin K15B All New Suzuki Ertiga lebih bertenaga dan irit bahan bakar dengan standar EURO 4. Konsumsi bensin dalam kota mencapai 12,3 km/liter untuk pemakaian kecepatan rata-rata 20 km/jam, dan 17 km/l di jalan tol dengan penggunaan konstan di 100 km/jam. Jika menggunakan teknik eco driving, Ertiga transmisi manual mencatatkan angka 25,34 km/liter, sedangkan untuk varian otomatis mencapai 29,34 km/liter. Dan sparepart pendukung atau pengganti yang mudah dicari, sehingga pilihan MPV All New Ertiga menjadi sangat tepat," tutup Dony.



Simak Video "Wajah Interior All New Suzuki Ertiga, Bisa Bersaing di Pasar Low MPV? "
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)