Tahun Depan Harus Euro 4, Kok Isuzu Masih Luncurkan Mobil Standar Euro 2?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 21 Okt 2021 18:17 WIB
Isuzu Traga Blind Van
Isuzu Traga Blind Van. Foto: Dok. Isuzu
Jakarta -

Indonesia akan menerapkan standar emisi Euro 4 untuk kendaraan diesel. Penerapan standar emisi Euro 4 untuk mesin diesel ini sempat diundur karena pandemi COVID-19. Jadwalnya, emisi Euro 4 akan diterapkan pada April 2022 mendatang.

Meski akan diterapkan standar emisi Euro 4, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) masih meluncurkan mobil dengan standar emisi Euro 2. Hari ini, Isuzu meluncurkan mobil logistik Isuzu Traga Blind Van.

"Saat ini (Isuzu Traga Blind Van) masih Euro 2, nanti di April 2022 tentunya semua produk Isuzu sudah akan siap Euro 4. Jadi mulai dari Isuzu Giga, Isuzu Elf, Isuzu Traga, termasuk Isuzu Traga Blind Van ini tentu sudah siap dengan emisi Euro 4," ujar Arvin Sumbung, Product Marketing CV & LCV Manager PT Isuzu Astra Motor Indonesia dalam peluncuran Isuzu Traga Blind Van secara virtual, Kamis (21/10/2021).

Isuzu Traga Blind Van ini dibekali mesin diesel 4JA1-L empat silinder direct injection, turbocharger, dengan kapasitas 2.500 cc. Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga hingga 80 PS pada 3.500 rpm dengan torsi maksimal 191,2 Nm pada 1.800 rpm.

"Mesin 4JA1-L ini juga kita lagi develop untuk bisa cover sampai Euro 4. Cuma, kita juga lagi studi beberapa engine baru yang ke depan nanti akan kita pasangkan untuk Isuzu Traga. Untuk sat ini, 4JA1-L ini sedang kita arahkan ke Euro 4, dan April 2022 pasti sudah Euro 4," kata Arvin.

Penerapan standar emisi Euro 4 pada kendaraan diesel di Indonesia sendiri bertujuan mengurangi emisi rumah kaca. Marketing Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Attias Asril mengatakan, untuk menyambut tahun 2022 pihaknya fokus menyiapkan kendaraan yang sesuai standar Euro 4.

"Tahun 2022 jelas fokus kita adalah menyiapkan produk yang fit bagi kebutuhan customer dan comply dengan regulasi Euro 4. Baik itu Elf, Giga dan Traga," sebut Attias.

Menurutnya, secara produk Isuzu sudah siap menyambut kebijakan standar emisi Euro 4. Pihaknya juga sedang menyiapkan ekosistem terkait standar emisi Euro 4.

"Lebih penting kita mengharapkan kesiapan infrastruktur dari pemerintah dan sosialisasi kepada masyarakat terutama kepada customer mengenai kelebihan dan keuntungan menggunakan produk Euro 4 ini," ucap Attias.

Isuzu Traga Versi Minibus

Untuk kendaraan komersial, selain mobil blind van beberapa pabrikan juga menawarkan versi minibus. Isuzu juga tak menutup kemungkinan menghadirkan versi minibus dari Isuzu Traga.

"Tentu kita juga menyiapkan untuk yang minibus. Cuman ini kan ada perbedaan antara angkutan barang dan angkutan penumpang," kata Arvin.

Menurutnya, dalam menyiapkan kendaraan penumpang, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Terutama faktor keamanan, keselamatan dan kenyamanannya.

"Untuk angkutan penumpang ini kita lagi lebih detail pelajari terutama bagian comfort dan safety sehingga butuh waktu lebih banyak. Kita juga siapkan, ditunggu aja tanggal mainnya," pungkas Arvin.



Simak Video "D-Cab Baru! Ini Spesifikasi Isuzu D-Max 2021 yang Dijual Mulai Rp 360 Jutaan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)