Recall Toyota 86 dan GR Supra di Indonesia, Ini Masalahnya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 21 Okt 2021 14:13 WIB
Toyota Luncurkan 86 versi facelift
Toyota recall mobil sport Toyota 86 di Indonesia karena masalah fuel pump. Foto: Toyota
Jakarta -

PT Toyota-Astra Motor (TAM) kembali melakukan aktivitas recall terhadap mobil yang dijual di Indonesia. Terbaru, mobil yang di-recall adalah dua mobil sport Toyota, Toyota 86 dan Toyota GR Supra. Ada masalah apa?

TAM melakukan recall terhadap Toyota 86 karena masalah fuel pump atau pompa bahan bakar. Masalah fuel pump itu pun melanda beberapa mobil Toyota, juga beberapa mobil dari pabrikan Jepang lainnya.

Toyota melakukan pemberitahuan atau pemanggilan bagi pelanggan untuk melakukan pemeriksaan komponen fuel pump kendaraannya di bengkel Toyota, khususnya bagi pemilik kendaraan Toyota 86 dengan tahun produksi 2018.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto menyebutkan bahwa aktivitas recall komponen fuel pump ini sudah berjalan lebih dari 1 tahun. Namun, masih banyak pemilik kendaraan yang belum melakukan pengecekan dan penggantian komponen fuel pump di bengkel Toyota.

"Untuk menjamin keamanan dan keselamatan pelanggan, kami terus melakukan monitor di lapangan serta melakukan pengecekan dan perbaikan pada komponen fuel pump. Kami berterima kasih atas respon yang cepat dan aktif dari pelanggan yang sudah melakukan pengecekan. Dan, kami juga mengimbau kembali agar para pemilik kendaraan yang dimaksud dapat segera mengecek kendaraannya dan--jika dibutuhkan--melakukan penggantian komponen fuel pump di bengkel Toyota," ujar Henry dalam keterangan tertulisnya.

Pengerjaan pengecekan dan penggantian fuel pump ini berlangsung sekitar 1,5 jam. Untuk prosesnya, pelanggan disarankan melakukan booking service terlebih dahulu, agar dealer dapat mempersiapkan stall, teknisi, dan part yang akan diganti. Dan seluruh proses pemeriksaan dan penggantian tidak dipungut biaya sama sekali (gratis).

Sementara itu, aktivitas recall terkait masalah komponen pompa bahan bakar (fuel pump) dilakukan sejak Juli 2020 sampai saat ini. Hingga akhir September 2021, lebih dari 142 ribu atau sekitar 50% dari total kendaraan yang termasuk dalam aktivitas recall ini sudah diperbaiki. Toyota kembali mengimbau agar pelanggan untuk segera melakukan pengecekan kendaraannya di bengkel Toyota.

Kendaraan yang dimaksud adalah FJ Cruiser tahun produksi 2013-2014, Alphard tahun produksi 2017-2019, Kijang Innova tahun produksi 2017-2019, Fortuner tahun produksi 2017-2019, Hilux tahun produksi 2017-2019, Corolla produksi tahun 2018-2019, Camry tahun produksi 2019, C-HR tahun produksi 2018-2019, Voxy tahun produksi 2018, Avanza tahun produksi 2017-2019, dan Rush tahun produksi 2017-2019.

Recall Toyota GR Supra

Tak cuma recall karena masalah fuel pump, Toyota juga melakukan recall terhadap Toyota GR Supra. TAM mengimbau pemilik GR Supra tahun produksi 2019-2021 untuk melakukan pengecekan, jika diperlukan melakukan pemrograman ulang pada Engine Control Unit (ECU)-nya.

Pengerjaan pengecekan dan re-programming ECU Toyota GR Supra berlangsung sekitar 1-3 jam. Aktivitas recall yang meliputi proses pengecekan re-programming ini bisa dilakukan di bengkel resmi Toyota dan tanpa biaya sama sekali (gratis).

Toyota GR SupraToyota GR Supra Foto: Rifkianto Nugroho

Seluruh jaringan bengkel Toyota yang saat ini berjumlah 292 bengkel yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia juga dilibatkan untuk memastikan berlangsungnya aktivitas recall dengan baik dan lancar.

Pengumuman recall ini sudah dilayangkan Toyota sejak 7 Oktober 2021 lalu. Pada setiap aktivitas recall, Toyota menginformasikan hal tersebut kepada pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi, baik melalui surat resmi maupun melalui media massa dan situs resmi Toyota.



Simak Video "Corona Mengganas, Toyota Hentikan Sementara Produksi Alphard-Land Cruiser"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)