Membedah Desain Toyota Avanza Veloz Lama dan Baru, Apa Saja Bedanya?

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 19 Okt 2021 10:41 WIB
Toyota Avanza Generasi terbaru 2021-2022
Toyota Avanza Veloz terbaru. Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Wujud Toyota Avanza terbaru sudah bocor di dunia maya. Potret teranyar mobil sejuta umat, yang beberapa hari ini menghiasi pemberitaan otomotif itu merupakan Avanza Veloz, versi mewah Toyota Avanza. Seperti apa ya perbandingan desain eksterior Veloz lama dengan Veloz baru?

Kalau dilihat dari potongan gambar yang tersebar di media sosial, perubahan Avanza Veloz baru ini memang sangat radikal. Karena sudah berubah jauh dari desain Avanza Veloz sebelumnya yang menganut gaya low MPV. Avanza Veloz baru ini mirip seperti gabungan mobil SUV dan MPV.

Misal pada bagian muka, memiliki desain grill trapezoid seperti mobil SUV, Toyota Corolla Cross maupun Toyota RAV4. Bedanya, pada Avanza Veloz baru tersebut desainnya lebih ramai karena banyaknya lekukan, terutama di area foglamp dan bumper.

Toyota Avanza Generasi terbaru 2021-2022Toyota Avanza Veloz generasi terbaru Foto: doc. Istimewa

Lanjut pada bagian samping, garis desainnya mirip seperti Toyota Raize. Bahkan, ada netizen yang menyebut jika Avanza baru ini tidak ubahnya seperti Raize yang dipanjangkan dimensinya. Oiya, Avanza Veloz baru ini juga terlihat lebih tinggi karena mengadopsi ukuran pelek lebih besar.

Selain mengusung gaya SUV, wujud baru mobil sejuta umat ini juga memiliki nuansa mobil MPV. Kesan itu hadir melalui bentuk pilar A, B, C, dan D yang identik dengan desain MPV mewah berbasis Camry, Toyota Sienna.

Tak hanya pilar kaca samping, bentuk kaca belakang dan desain pintu bagasi belakangnya juga cukup mirip dengan Sienna. Namun di Avanza terbaru ini bentuknya lebih mengotak menyesuaikan gaya SUV. Nah untuk lampu belakangnya sendiri sangat identik dengan bentuk lampu belakang Raize, dengan konsep lampu rem menyatu dengan reflektor.

Avanza-Veloz Sebangsa di PalembangToyota Avanza Veloz Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Avanza Veloz Lama

Generasi Avanza Veloz yang ada saat ini sejatinya memiliki desain yang sama persis dengan Avanza tipe lainnya. Bedanya, pada Avanza Veloz, desainnya lebih mewah dan disematkan teknologi terkini, menyesuaikan target pasarnya.

Avanza Veloz memiliki desain grill dan bumper depan lebih sporty, serta disematkan lebih banyak aksen krom, serta garnish pada pintu belakang dengan warna gelap. Selain itu, Avanza Veloz juga memiliki interior lebih mewah dengan jok berbahan fabric.

Jika dibandingkan dengan Veloz generasi teranyar, Veloz generasi yang ada saat ini jelas tampak ketinggalan zaman. Tapi jika diperhatikan baik-baik, ada satu bagian Avanza Veloz lama yang cukup mirip dengan Avanza Veloz baru.

Bagian tersebut adalah desain rumah lampu depannya. Ya, kendati Veloz baru tidak menggunakan desain lampu bertumpuk seperti Veloz saat ini, desain rumah lampu Veloz baru tetap mempertahankan ciri khas Veloz sebelumnya, yakni desain elegan dengan shape 'L' atau bumerang pada bagian samping rumah lampu depan. Sedikit perbedaan pada Veloz baru, desain rumah lampu depannya meruncing dan bertemu list chrome di ujung kap mesin.

(lua/din)