Avanza Veloz Baru Dibekali Electronic Parking Brake, Bahkan Fortuner Belum Punya

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 19 Okt 2021 07:35 WIB
Toyota Avanza Generasi terbaru 2021-2022
Toyota Avanza Veloz terbaru disematkan fitur Electronic Parking Brake (EPB). Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Toyota Avanze Veloz terbaru disinyalir akan dibekali fitur canggih Electronic Parking Brake (EPB). Fitur rem tangan elektronik sebelumnya hanya ada di tipe mobil premium. Bahkan SUV andalan Toyota Fortuner saja belum memiliki fitur ini.

Model teranyar Avanza memang belum dirilis. Namun tampilan baru mobil sejuta umat ini sudah bocor dan viral di media sosial. Gambar Avanza baru yang bocor memperlihatkan sosok Avanza Veloz teranyar, dengan desain garang perpaduan SUV dan MPV.

Tidak hanya tampilan eksteriornya, wujud interior Veloz terbaru ini juga tampak sudah dipermak sedemikian rupa sehingga jadi lebih modern dan tentunya lebih canggih.

Misalnya pada bagian head unit mobil ini, kini dibekali model panel layar digital dengan konsep mengambang alias floating. Selain itu konsol tengah tempat tuas persneling disematkan, kini juga dibuat lebih modern desainnya, serta tampak ada ambient light-nya.

Salah satu bagian yang menarik di konsol tengah ini adalah tidak adanya tuas rem tangan (parking brake) seperti di model Avanza Veloz sebelumnya. Dan tampak di antara tuas persneling dan kompartemen penyimpanan konsol tengah tersebut ada tombol yang diyakini tombol Electronic Parking Brake (EPB).

Ya, Avanza Veloz terbaru ini kemungkinan besar sudah dibekali fitur rem tangan elektronik. Fitur ini cukup jarang ditemui di mobil-mobil Toyota yang punya segmen menengah ke bawah.

Dijelaskan Technical Support Dept. Head PT Toyota-Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, saat ini fitur EPB ada di beberapa model teratas Toyota, baik dari model sedan, maupun SUV. Tapi untuk model SUV andalan Toyota, Fortuner, belum memiliki fitur ini.

"Kalau nggak salah sudah dipasang di beberapa model premium seperti Alphard, C-HR, termasuk di Altis dan Camry. Fortuner belum, masih pakai (parking brake) manual, " terang Didi, kepada detikOto melalui sambungan telepon, Senin (18/10/2021).

Sekadar informasi, Electronic Parking Brake bekerja secara elektrik melalui motor yang ada di kaliper rem belakang. Menurut Didi, EPB memiliki sejumlah keunggulan dibanding parking brake konvensional. Selain membuat area konsol jadi lebih ringkas dan kelihatan clear (bersih), fitur rem tangan elektronik ini juga bisa menjalankan fungsi lain, seperti brake hold.

"Brake hold itu fitur yang akan membantu kita misalnya pada saat tanjakan. Misalnya kalau pakai mobil manual, itu kan mekanismenya injak kopling, lalu menahannya pakai rem tangan, dan lanjut lepas tuas kopling supaya tidak aus. Nah, brake hold ini berguna untuk menahan mobil. Fungsinya seperti hill start assist, tapi (kalau brake hold) di jalanan rata juga bisa. Misal macet, setiap kita tekan rem lama dia akan mengunci, nanti digas otomatis lepas," jelas Didi.

(lua/din)