Servis di Bengkel Resmi Bikin Harga Jual Mobil Tinggi, Ini Penjelasannya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 18 Okt 2021 17:04 WIB
Sejumlah bengkel mulai didatangi pemudik yang melakukan perawatan kendaraan. Hal itu dilakukan untuk antisipasi hal-hal yang tak diinginkan selama mudik lebaran.
Servis mobil di bengkel resmi bikin harga jual mobil tetap tinggi. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Harga jual kembali sebuah mobil menjadi salah satu pertimbangan pemilik kendaraan. Biasanya, pemilik kendaraan menginginkan mobilnya memiliki harga yang tinggi ketika dijual dalam kondisi bekas nanti. Tapi, tahukah kamu cara menjaga harga jual mobil tetap tinggi?

Salah satu cara menjaga harga jual kembali mobil tetap tinggi adalah dengan servis berkala di bengkel resmi. General Manager After Sales Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Boediarto mengatakan, perawatan berkala di bengkel resmi bertujuan untuk memastikan kendaraan dalam kondisi terbaik. Dengan memanfaatkan perawatan berkala di bengkel resmi, juga membantu dalam mendeteksi kerusakan pada kendaraan sejak dini untuk mengurangi dampak yang terjadi di kemudian hari termasuk pengeluaran biaya yang tidak terduga.

"Perawatan berkala memiliki banyak manfaat untuk konsumen, seperti memastikan kendaraan dalam kondisi aman melalui pemeriksaan dan perawatan rutin dapat mencegah terjadinya potensi kesalahan mekanik, memaksimalkan performa terbaik pada kendaraan dan meningkatkan kepuasan berkendara, menghemat biaya yang timbul akibat kerusakan serius dan menghindari biaya perbaikan yang besar yang timbul, memperpanjang umur kendaraan, serta meningkatkan nilai jual kembali kendaraan. Perawatan berkala dapat menjaga kondisi kendaraan yang pada akhirnya menentukan nilai jual kembali kendaraan dengan faktor kondisi fisik, riwayat kendaraan termasuk catatan kecelakaan dan catatan perawatan di bengkel resmi," ujar Boediarto.

Menurut Tegar Adisura, Head of After Sales Marketing and Promotion Section PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), merawat mobil di bengkel resmi dapat menjaga harga jual kembali mobil tersebut. Soalnya, servis di bengkel resmi memiliki jaminan penggunaan suku cadang asli, memiliki service record atau catatan perawatan, dan layanan servis sesuai standar pabrikan.

"Ketika masa garansi kendaraan tidak berlaku memang cenderung banyak para customer melakukan perawatan di bengkel umum karena faktor biaya yang biasa dibilang lebih rendah. Tetapi perlu dipertimbangkan juga untuk para customer perawatan kendaraan di dealer resmi ada keuntungan seperti history kendaraan secara berkala tetap tercatat. Apabila ada kerusakan bisa diprediksi terlebih dulu dan cegah kerusakan lebih parah di kemudian hari," kata Tegar.

"Adanya jaminan genuine parts dan yang terpenting harga jual kembali akan tetap tinggi karena melakukan perawatan di bengkel resmi," sambungnya.

Disebutkan, Mitsubishi memberikan sertifikasi kepada pemilik mobil yang telah melakukan perawatan di bengkel resmi apabila ingin dijual lagi.

Sementara itu, untuk mobil baru biasanya diberikan paket purnajual untuk servis di bengkel resmi. Contohnya, Mitsubishi memiliki layanan purnajual Paket Smart untuk servis berkala hingga 50.000 km atau 4 tahun yang meliputi gratis biaya jasa dan suku cadang, oli, hingga minyak rem sesuai dengan jadwal service booklet. Jika sudah habis masa berlakunya, paket tersebut masih bisa diperpanjang lagi.

"Bagi yang habis masa garansinya, mulai pertimbangkan datang lagi atau tidak. Tapi perlu kami berikan informasi saat ini kami punya program extended smart package, dengan paket ini customer dapat keuntungan lebih baik hemat 27 persen," ucap Tegar.



Simak Video "Mobil Baru Jalan 1.000 Km atau 1 Bulan Harus Diservis, Ini Alasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)